Aplikasi Back End Manajemen Restoran Berbasis Cloud

  • I Gusti Ngurah Alit Mahardika Jurusan Teknologi Informasi Universitas Udayana

Abstract

Restoran merupakan suatu tempat atau bangunan yang diorganisir secara komersil, pelayanan yang diselenggarakan dengan baik kepada semua konsumennya baik berupa makanan maupun minuman. Tujuan operasional restoran adalah untuk mencari keuntungan, selain itu pihak pengembang restoran juga harus memperhatikan sisi manajemen restoran tersebut. Efisiensi terhadap proses manajemen dibelakang konsumen juga menjadi peran penting dalam pengembangan restoran. Perkembangan teknologi saat ini merupakan salah satu efek dari globalisasi. Teknologi yang cukup dikenal saat ini adalah Cloud Computing, dimana dengan Cloud Computing dapat diciptakan suatu aplikasi yang mengatur pengelolaan atau memanajemen sistem yang terdapat pada restoran dengan baik. Penggunaan gabungan antara konsep Cloud dan bahasa pemrograman berbasis web serta teknologi database dapat menciptakan suatu aplikasi yang mampu menangani sistem informasi manajemen restoran dengan sangat baik khususnya pada back end restoran tersebut. Penerapan aplikasi dimulai dari manajemen data master seperti bahan, supplier, menu dan lain-lain serta manajemen transaksi seperti proses pemesanan makanan.

 

Kata Kunci: Restoran, Manajemen, Back end, Cloud Computing

Published
2016-01-15
How to Cite
NGURAH ALIT MAHARDIKA, I Gusti. Aplikasi Back End Manajemen Restoran Berbasis Cloud. Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi), [S.l.], jan. 2016. ISSN 2685-2411. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/merpati/article/view/17830>. Date accessed: 19 apr. 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.