Geographic Information System Android Untuk Objek Wisata dan Fasilitas Umum Provinsi Bali

  • I Gst Agung Khrisna Mahautama Jurusan Teknologi Informasi Universitas Udayana

Abstract

Bali merupakan aset berharga dibidang pariwisata, untuk menarik wisatawan domestik dan wisatawan mancanegara sektor pariwisata harus didukung oleh fasilitas yang baik. Pada umumnya wisatawan memiliki karakteristik yang berbeda, seperti wisatawan yang memilih berwisata menggunakan agen travel atau wisatawan yang memilih untuk berwisata tanpa pemandu atau sering disebut backpacker menjadi salah satu alasan dilakukannya penelitian ini.Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Geographic Information System (GIS) berbasis android, dimana aplikasi dengan tampilan map ini dapat menerima layanan data atau service secara dinamis dengan adanyaformat pertukaran data JSON. GIS pada perangkat androidinididukung oleh layanan GPS dan Google Map API V2 membuat sistem yang dirancang mendukung mobilitas dalam perjalanan dan dapat digunakandengan layanan internet. Aplikasi ini diharapkan dapat memberi kontribusi terhadap sektor pariwisata. Hasil dari sistem ini dapat menyediakan layanan dasar GIS yaitu GPS, digital map, navigasi, posisi pengguna, posisi tujuan, direction route dan informasi cuaca.

 

Kata Kunci : Pariwisata, Backpacker, GIS, Map, GPS, Android

Published
2016-01-15
How to Cite
AGUNG KHRISNA MAHAUTAMA, I Gst. Geographic Information System Android Untuk Objek Wisata dan Fasilitas Umum Provinsi Bali. Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi), [S.l.], jan. 2016. ISSN 2685-2411. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/merpati/article/view/17829>. Date accessed: 16 apr. 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.