Rancang Bangun Game Edukasi “Lawar Bali” pada Platform Android

  • Ida Bagus Danni Krisnawan Program Studi Teknologi Informasi Universitas Udayana

Abstract

Android adalah sistem operasi untuk perangkat bergerak yang berbasis Linux. Android merupakan sistem operasi yang terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka sendiri secara bebas. Budaya merupakan suatu kebiasaan yang mengandung nilai-nilai penting dan fundamental yang diwariskan dari generasi ke generasi. Warisan tersebut harus dijaga agar tidak luntur atau hilang sehingga dapat dipelajari dan dilestarikan oleh generasi berikutnya. Lawar adalah salah satu jenis makanan tradisional Bali yang terkenal di Bali. Lawar adalah sejenis lauk pauk yang dibuat dari campuran daging atau ikan dengan sayur mayur dan bumbu khas Bali. Game edukasi “Lawar Bali” ini bertujuan untuk mengenalkan lawar pada anak-anak pada khususnya. Software yang digunakan dalam pembuatan game ini adalah Corona SDK dengan menggunakan bahasa pemrograman lua. Software ini dipilih karena cepat dan ringan jika dibandingkan dengan framework lainnya, selain itu juga terintegrasi dengan baik pada sistem Android dan iOS.

 

Kata Kunci : Android, Budaya, Lawar, Game edukasi, Corona SDK

Published
2016-01-15
How to Cite
BAGUS DANNI KRISNAWAN, Ida. Rancang Bangun Game Edukasi “Lawar Bali” pada Platform Android. Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi), [S.l.], jan. 2016. ISSN 2685-2411. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/merpati/article/view/17824>. Date accessed: 25 apr. 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.