Pemodelan ERP pada Perusahaan Manufaktur dengan Software OpenERP7.0

  • Dewa Komang Mahardika Jurusan Teknologi Informasi Universitas Udayana
  • I Made Sukarsa Jurusan Teknologi Informasi Universitas Udayana
  • Putu Wira Buana Jurusan Teknologi Informasi Universitas Udayana

Abstract

Pemodelan dan penerapan sistem informasi terintegrasi dalam proses bisnis perlu dilakukan untuk peningkatan kinerja dan kepuasan pelanggan. Kinerja yang baik diperoleh jika departemen-departemen di dalamnya sudah terintegrasi dengan baik pula. Enterprise resource planning adalah sistem informasi terintegrasi yang menjadikan sebuah bisnis proses menjadi satu kesatuan sistem. Penelitian yang dilakukan adalah tentang pemodelan ERP pada perusahaan garmen yaitu pada bagian accounting, human resource, dan point of sale dengan software OpenERP. Proses bisnis yang sedang berlangsung pada masing-masing departemen dimodelkan dalam diagram alir. Pemodelan sistem yang baru dihasilkan dari perbaikan terhadap kekurangan model sistem yang lama. Hasil pemodelan yang baru diimplementasikan dalam aplikasi ERP yaitu OpenERP. Sistem terintegrasi dengan bisnis proses yang lebih terencana, terintegrasi dan lebih otomatis dihasilkan dari pemodelan dan implementasi yang dilakukan terhadap sistem yang lama.

 

Kata Kunci: Enterprise resource planning, Implementasi Bisnis Proses, Pemodelan ERP

Published
2016-01-15
How to Cite
KOMANG MAHARDIKA, Dewa; SUKARSA, I Made; WIRA BUANA, Putu. Pemodelan ERP pada Perusahaan Manufaktur dengan Software OpenERP7.0. Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi), [S.l.], jan. 2016. ISSN 2252-3006. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/merpati/article/view/17818>. Date accessed: 24 may 2019.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.