Aplikasi Geografis Pemetaan Bangunan dan Jaringan Irigasi Berbasis Mobile Android

  • I Wayan Agus Krisna Apriana Jurusan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
  • I Nyoman Piarsa Jurusan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
  • I Putu Agung Bayupati Jurusan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana

Abstract

Irigasi merupakan alternatif sistem pemanfaatan air secara efisien yang sering digunakan sebagai proses pengairan lahan pertanian. Irigasi sudah diterapkan hampir seluruh daerah di Bali, sehingga pemetaan dan pendataan terhadap bangunan dan jaringan irigasi tersebut sangat diperlukan. Sistem Informasi Geografis adalah salah satu cara untuk memetakan dan mendata Bangunan dan Jaringan Irigasi tersebut, tapi penentuan koordinat Bangunan dan Jaringan Irigasi tidak dapat dilakukan dengan baik tanpa mengetahui posisi dari Bangunan dan Jaringan Irigasi pada peta digital, sehingga penentuan koordinat harus dilakukan secara real-time. GPS (Global Positioning System) merupakan sistem untuk menentukan letak di permukaan bumi dengan bantuan penyelarasan (synchronization) sinyal satelit. Smartphone dengan sistem operasi Android telah menyediakan fitur GPS, dengan memanfaatkan GPS tersebut, pemetaan dan pendataan bangunan dan jaringan irigasi dapat dilakukan secara real-time.

 

Kata Kunci: Bangunan Irigasi, Jaringan Irigasi, GPS, google maps, Android.

Published
2016-01-15
How to Cite
AGUS KRISNA APRIANA, I Wayan; PIARSA, I Nyoman; AGUNG BAYUPATI, I Putu. Aplikasi Geografis Pemetaan Bangunan dan Jaringan Irigasi Berbasis Mobile Android. Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi), [S.l.], jan. 2016. ISSN 2685-2411. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/merpati/article/view/17816>. Date accessed: 19 apr. 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.