Aplikasi Game Membuat Gebogan

  • Ranis Cinthianingrum Jurusan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
  • A. A. Kt. Agung Cahyawan Wiranatha Jurusan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
  • Ni Kadek Dwi Rusjayanthi Jurusan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana

Abstract

Gebogan atau Pajegan adalah suatu bentuk persembahan berupa susunan buah-buahan dan bunga yang dibawa ke pura untuk rangkaian upacara Panca Yadnya. Perkembangan teknologi jaman sekarang mengakibatkan masyarakat Bali, terutama generasi muda mulai meninggalkan kebudayaan membuat Gebogan. Game membuat Gebogan dibangun dengan Corona SDK berbasis mobile android yang dikembangkan dengan tujuan untuk melestarikan salah satu kebudayaan Bali yaitu Gebogan.Game membuat Gebogan yang dihasilkanmemberikan informasi mengenai bagaimana bentuk Gebogan, isi dari Gebogan dan cara menghias Gebogan sehingga mengedukasi dan membantu mengembangkan kreativitas pengguna tentang bagaimana membuat Gebogan.Game membuat Gebogandimainkandengan menerapkan drag and drop pada scene membeli buah-buahan di pasar hingga scene menempatkan buah-buahan dari horizontal line ke template Gebogan yang disediakan dalam game.

Kata Kunci: Gebogan, game, android, edukasi, Kebudayaan Bali

Published
2015-12-01
How to Cite
CINTHIANINGRUM, Ranis; AGUNG CAHYAWAN WIRANATHA, A. A. Kt.; DWI RUSJAYANTHI, Ni Kadek. Aplikasi Game Membuat Gebogan. Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi), [S.l.], dec. 2015. ISSN 2685-2411. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/merpati/article/view/17810>. Date accessed: 08 may 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.