Rancang Bangun Aplikasi “Collaborative Project Scheduler” Berbasis Mobile Web

  • I Gusti Agung Oka Widiarsana Jurusan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
  • I Made Sukarsa Jurusan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
  • Putu Wira Buana Jurusan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana

Abstract

Kegagalan pencapaian target pada proyek dapat terjadi karena kurangnya perencanaan serta lemahnya pengawasan di dalam proses pengerjaan proyek. Perkembangan teknologi saat ini khususnya web memungkinkan untuk mengembangkan aplikasi manajemen proyek berbasisweb.Collaborative Project Scheduler merupakan sistem manajemen proyek berbasis websederhana, sehingga mudah untuk dipahami dan secara umum sesuai standar konsep manajemen proyek dapat membantu pengguna dalam menangani proyek. Aplikasi dikembangkan menggunakan HTML5, dengan konsep responsive design sehingga aplikasi dapat diakses dengan berbagai perangkat. Pertukaran data pada aplikasi ditunjang dengan AJAX Push sehingga pertukaran data komunikasi seperti chat akan bersifat realtime. Aplikasi dilengkapi dengan beberapa fitur komunikasi sehingga dapat menunjang keperluan komunikasi individual maupun kelompok di dalam proses pengerjaan proyek.Pengujian menggunakan kuesioner yang berisi serangkaian pernyataan mengenai kepuasan penggunaan dan penilaian aplikasi yang diisi oleh 36 responden memberikan persentasi hasil 95,37% yang termasuk pada kategori sangat baik.

Kata kunci: Manajemen Proyek, Aplikasi Kolaborasi, ResponsiveWebsite, AJAXPush, HTML5

Published
2015-08-01
How to Cite
OKA WIDIARSANA, I Gusti Agung; SUKARSA, I Made; WIRA BUANA, Putu. Rancang Bangun Aplikasi “Collaborative Project Scheduler” Berbasis Mobile Web. Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi), [S.l.], aug. 2015. ISSN 2685-2411. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/merpati/article/view/17800>. Date accessed: 01 mar. 2021.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.