Pengembangan Aplikasi “Kalender Saka Bali” pada Sistem Operasi Machintos

  • I Putu Cahya Prawira Jurusan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
  • Gusti Made Arya Sasmita Jurusan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
  • I Putu Agung Bayupati Jurusan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana

Abstract

Kalender Saka Bali merupakan sistem penanggalan yang digunakan oleh orang Hindu di pulau Bali pada umumnya. Pembuatan kalender Saka pada perangkat Machintos (MAC) dapat mempermudah para pengguna Machintos (MAC) untuk mencari, menentukan dan mempelajari bagaimana cara menentukan hari baik dalam upacara agama. Medote dynamic looping digunakan dalam perhitungan kalender Saka Bali agar sesuai dengan perhitungan Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI). Berdasarkan pengujian, aplikasi ini sesuai dengan Kalender Bali cetak yang sesuai dengan perhitungan PHDI. Pengujian juga dilakukan terhadap fitur-fitur aplikasi kalender Saka Bali ini menggunakan beberapa kalender Bali yang sudah ada. Berdasarkan pengujian, kelebihan aplikasi yaitu dapat melakukan pencarian otonan, pencarian hari raya, pencarian event, pembuatan event, reminder custom, event private, ala ayuning dewasa, pawukuan, wewaran, paringkelan, purnama, tilem, dan sasih. Kekurangan aplikasi ini yaitu tidak dapat melakukan ramalan, konversi dan hanya dapat dijalankan pada komputer dengan sistem operasi Machintos.

Kata kunci: Kalender Saka Bali, Machintos, Parisada Hindu Dharma Indonesia, Dynamic Looping

Published
2015-08-01
How to Cite
CAHYA PRAWIRA, I Putu; ARYA SASMITA, Gusti Made; AGUNG BAYUPATI, I Putu. Pengembangan Aplikasi “Kalender Saka Bali” pada Sistem Operasi Machintos. Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi), [S.l.], aug. 2015. ISSN 2252-3006. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/merpati/article/view/17799>. Date accessed: 15 july 2019.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.