Sistem Informasi Hotel Modul Front Office Berbasis Web

  • James Kawilarang Jurusan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
  • I Ketut Adi Purnawan Jurusan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
  • Ni Made Ika Marini Mandenni Jurusan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana

Abstract

Hotel merupakan fasilitas yang sudah menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi masyarakat meliputi kebutuhan traveling antar kota dalam urusan bisnis maupun wisata. Teknologi informasi dalam pengolahan informasi sangatlah diperlukan dalam pengolahan data instansi hotel agar data dapat dikelola dengan baik sehingga membantu pengelola dalam melakukan pengambilan keputusan. Berdasarkan kebutuhan yang mendasar dalam pengolahan data manajerial sebuah hotel yang merupakan pusat bisnis pariwisata Bali, maka terciptalah suatu ide untuk membuat sebuah sistem berbasis web dan terintegrasi dengan perangkat Android. Sistem yang berbasis web dan terintergrasi dengan perangkat Android merupakan sebuah solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan kebutuhan pengolahan data manajerial hotel yang berisfat dinamis dimana sistem informasi berbasis web mudah dikelola serta dapat dirancang dengan antarmuka yang fleksibel. Perkembangan teknologi mobile Android yang kini digunakan hampir oleh semua khalayak pengguna handphone juga merupakan sebuah nilai tambah tersendiri terhadap sistem pengolahan data tesebut, sehingga sistem mampu memberikan mobilitas yang lebih terhadap pengguna.

Kata kunci : Teknologi, Sistem Informasi, Hotel, Front Office

Published
2015-04-01
How to Cite
KAWILARANG, James; ADI PURNAWAN, I Ketut; IKA MARINI MANDENNI, Ni Made. Sistem Informasi Hotel Modul Front Office Berbasis Web. Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi), [S.l.], apr. 2015. ISSN 2252-3006. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/merpati/article/view/17735>. Date accessed: 19 june 2019.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.