Aplikasi Sistem Informasi Tembang Bali Tradisional Berbasis Android

  • Putu Anantha Prasetya Yogantara Jurusan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
  • Anak Agung Kompyang Oka Sudana Jurusan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
  • Ni Made Ika Marini Mandenni Jurusan Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana

Abstract

Lagu Tradisional Bali atau dikenal dengan tembang merupakan salah satu budaya Tradisional Bali yang sudah ada sejak kerajaan kuno. Lagu-lagu tradisional dibagi menjadi 4 (empat) kelompok atau sekar dalam Bahasa Bali yang dikategorikan tergantung pada tujuan dalam seni dan prosesi upacara Agama Hindu. Banyak Generasi Muda Bali kurang tertarik dalam mempelajari budaya tembang. Hal ini terjadi sebagai akibat dari keterbatasan pemahaman masyarakat terhadap Tembang Bali. Salah satu cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan menciptakan media informasi dan pendidikan dalam bentuk sistem informasi aplikasi Tembang Bali Berbasis Android. Aplikasi sistem informasi lagu Tradisional Bali atau tembang umumnya menunjukkan bahwa telah mampu menjadi media informasi baru bagi masyarakat. Media informasi dalam bentuk aplikasi Smartphone Android telah menyediakan akses yang mudah mengenai informasi tembang dan juga menyediakan pelajaran bagi masyarakat.

Kata kunci: Bali, Sistem Informasi, Tembang, Android

Published
2015-04-01
How to Cite
ANANTHA PRASETYA YOGANTARA, Putu; OKA SUDANA, Anak Agung Kompyang; IKA MARINI MANDENNI, Ni Made. Aplikasi Sistem Informasi Tembang Bali Tradisional Berbasis Android. Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi), [S.l.], apr. 2015. ISSN 2685-2411. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/merpati/article/view/17734>. Date accessed: 29 mar. 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.