Analisis Penambahan Pre Filter Terhadap Penurunan Tekanan Dan Endapan Pada Filter Berbahan Bakar Campuran Diesel Biodiesel

  • I Gede Bangsa Negara
  • Ainul Ghurri
  • I Ketut Gede Wirawan

Abstract

Abstrak
Biodiesel adalah salah satu bahan bakar alternatif yang dapat menggantikan minyak diesel sebagai bahan bakar mesin diesel. Penggunaan biodiesel ini akan mempengaruhi pada komponen mesin diesel yang salah satunya adalah fuel filter yang dimana kotoran yang tersaring akan membentuk endapan sehingga fuel filter dapat lebih cepat tersumbat. Fuel filter yang tesumbat akan menyebabkan penurunan tekananan pada aliran bahan bakar yang menyebabkan pada aliran bahan bakar tidak sempurna terdistribusi kedalam mesin Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh variasi campuran minyak diesel dan biodiesel terhadap penurunan tekanan serta endapan pada fuel filter. Pengujian ini dilakukan dengan 400 liter bahan bakar yang mengalir melewati fuel filter dengan memvariasikan campuran minyak diesel Pertamina Dex B20, Pertamina Dex B30, Dexlite dan tambahan pre filter. Tekanan awal bahan bakar diatur pada 105 kPa sebelum memasuki filter bahan bakar. Dari hasil pengujian menunjukkan bahwa variasi campuran minyak diesel dan biodiesel berpengaruh terhadap tersumbatnya fuel filter. Semakin banyak kandungan biodiesel menyebabkan fuel filter lebih mudah tersumbat. Pengujian Pertamina Dex B30 menunjukan preassure drop tertinggi yaitu 55 Kpa dan endapan yang terjadi sebesar 163.84 gram untuk filter utama dan 203.19 gram untuk pre filter.
Kata kunci: Campuran Diesel-Biodiesel, Fuel Filter, Pre Filter, Penurunan Tekanan, Endapan

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-10-01
How to Cite
NEGARA, I Gede Bangsa; GHURRI, Ainul; WIRAWAN, I Ketut Gede. Analisis Penambahan Pre Filter Terhadap Penurunan Tekanan Dan Endapan Pada Filter Berbahan Bakar Campuran Diesel Biodiesel. Teknik Desain Mekanika, [S.l.], v. 10, n. 4, oct. 2022. ISSN 2302-5182. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/mekanika/article/view/97213>. Date accessed: 26 may 2024.