Pengaruh Komposisi Bahan Bakar Campuran Metanol Bensin Terhadap Kinerja Mesin Dan Emisi Gas Buang Pada Motor Yamaha Nmax

  • Kevin Brandon Christian Paoki
  • Ainul Ghurri
  • Tjokorda Gde Tirta Nindhia

Abstract

Abstrak%6
Cepat atau lambat sumber minyak (fosil fuel) akan habis karena minyak bumi merupakan sumber energi yang tidak dapat
diperbaharui. Metanol menjadi salah satu sumber energi alternatif yang dapat mengurangi penggunaan minyak bumi.
Dengan ditambahkannya metanol dalam mesin kendaraan maka emisi gas buang dan kinerja mesin yang dihasilkan juga
akan berubah. Pencampuran metanol pada bahan bakar kendaraan dilakukan dengan kadar 5% (M5), 15% (M15), dan 20%
(M20). Bahan bakar yang telah dicampur dengan metanol diharapkan dapat mengurangi emisi gas buang dan meningkatkan
torsi serta daya yang dihasilkan oleh mesin kendaraan. Pengujian dilakukan dengan menggunakan mesin Dyno Test Super
Dyno 50L untuk mengetahui perubahan torsi dan daya kendaraan, sedangkan pengujian emisi kendaraan menggunakan
mesin Muller Beam 10000 MX. Hasil pengujian kinerja mesin menunjukan bahwa dengan ditambahnya metanol terjadi
perubahan torsi dan daya yang dihasilkan mesin kendaraan. M20 menjadi bahan bakar campuran yang menghasilkan torsi
dan daya maksimum tertinggi. Sedangkan pengujian emisi gas buang menunjukan dengan menggunakan bahan bakar
campuran M15 terjadi penurunan kadar HC dan CO yang paling baik diantara 4 variasi bahan bakar lainnya.
Kata Kunci: Metanol, Torsi, Daya, SFC, HC, CO

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-10-01
How to Cite
CHRISTIAN PAOKI, Kevin Brandon; GHURRI, Ainul; NINDHIA, Tjokorda Gde Tirta. Pengaruh Komposisi Bahan Bakar Campuran Metanol Bensin Terhadap Kinerja Mesin Dan Emisi Gas Buang Pada Motor Yamaha Nmax. Teknik Desain Mekanika, [S.l.], v. 10, n. 4, oct. 2021. ISSN 2302-5182. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/mekanika/article/view/85115>. Date accessed: 14 oct. 2025.

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5 > >>