ANALISIS TEGANGAN DAN REGANGAN AKIBAT VARIASI NILAI KOEFISIEN GESEK PADA INTERAKSI KONTAK RING PISTON DENGAN CYLINDER LINER MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA
Abstract
Abstrak
Cylinder liner merupakan komponen yang berfungsi untuk melindung bagian dalam blok mesin dari gesekan langsung dengan
ring piston sedangkan ring piston sendiri ialah komponen yang berfungsi untuk memperkecil celah antara piston dengan
cylinder liner sehingga tekanan dan temperatur gas di dalam ruang bakar tetap terjaga dalam kondisi optimal. Penelitian ini
hendak diteliti bagaimana tegangan dan regangan yang terjadi akibat adanya kenaikan nilai koefisien gesek pada interaksi
kontak ring piston dengan cylinder liner. Pembebanan yang diberikan ialah tekanan 2 MPa kemudian koefisien gesek yang
terjadi antara besi cor dengan besi cor dalam kondisi dilumasi yaitu 0.08, 0.1, dan 0.12. Berdasarkan hasil simulasi peningkatan
nilai koefisien gesek memberikan pengaruh terhadap peningkatan nilai tegangan dan regangan yang terjadi pada cylinder liner.
Pada koefisien gesek 0.08 tegangan yang terjadi pada cylinder liner ialah sebesar 162.76 MPa dan regangan sebesar 0.0020007
m/m. Pada koefisien gesek 0.1 tegangan yang terjadi ialah sebesar 163.73 MPa dan regangan sebesar 0.002006 m/m. Pada
koefisien gesek 0.12 tegangan yang terjadi ialah sebesar 164.91 MPa dan regangan sebesar 0.0020143 m/m
Kata kunci: cylinder liner, ring piston, interaksi kontak, tegangan, regangan