Hubungan positif fungsi keluarga dan tipe kepribadian terhadap keparahan ketergantungan heroin pada klien Program Terapi Rumatan Metadon “Sandat” RSUP Sanglah Denpasar

  • Sagung Putri Permana Lestari Murdhana Putere

Abstract

Penyalahgunaan Narkotika Psikotropika dan Zat Adiktif (NAPZA) saat ini semakin marak terjadi. Penyalahgunaan ini akhirnya menimbulkan ketergantungan. Ketergantungan dapat menjadi parah tergantung dari faktor risiko yang ada pada seseorang, salah satu contohnya adalah ketergantungan heroin. Keparahan ketergantungan dapat disebabkan karena faktor individu, keluarga dan lingkungan. Faktor keluarga yang mempengaruhi salah satunya adalah fungsi keluarga, sedangkan faktor individu yang mempengaruhi salah satunya adalah tipe kepribadian. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan fungsi keluarga dan tipe kepribadian dengan keparahan ketergantungan heroin. Penelitian ini penelitian potong lintang dengan pengambilan sampel secara purposive sampling yang dilakukan di PTRM Sandat RSUP Sanglah Denpasar dengan jumlah sampel sebanyak 60 orang. Seluruh responden yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi diberikan skala fungsi keluarga McMaster Family Assessment Device, WHO-ASSIST dan MMPI 180. Penelitian dilakukan selama 4 minggu sampai jumlah sampel terpenuhi. Data dianalisis dengan menggunakan SPSS. Dari penelitian ini didapatkan seluruh skala fungsi keluarga yang buruk berhubungan dengan keparahan ketergantungan heroin. Tipe kepribadian psychoticism dan disconstraint berhubungan dengan keparahan ketergantungan heroin. Faktor yang paling berhubungan dengan keparahan ketergantungan heroin adalah psychoticism dengan OR 26,217(p=0,000). Kesimpulan terdapat hubungan antara fungsi keluarga dan tipe kepribadian dengan keparahan ketergantungan heroin. Tipe kepribadian psychoticism lebih berhubungan dengan keparahan ketergantungan heroin.


 


Kata kunci: fungsi keluarga, tipe kepribadian, ketergantungan heroin, terapi metadon.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Sagung Putri Permana Lestari Murdhana Putere

 

Bagian Psikiatri Fakultas Kedokteran Universitas Udayana/Rumah Sakit Umum Pusat Sanglah Denpasar Bali

 

Published
2016-11-15
How to Cite
MURDHANA PUTERE, Sagung Putri Permana Lestari. Hubungan positif fungsi keluarga dan tipe kepribadian terhadap keparahan ketergantungan heroin pada klien Program Terapi Rumatan Metadon “Sandat” RSUP Sanglah Denpasar. Medicina, [S.l.], v. 47, n. 3, nov. 2016. ISSN 2540-8321. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/medicina/article/view/51530>. Date accessed: 26 apr. 2024.