PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN DALAM PELAYANAN JASA TRANSPORTASI PADA PERUSAHAAN JASA PENYEDIA APLIKASI PT. GRAB KOTA DENPASAR

  • Nieko Natayo Susianto Fakultas Hukum, Universitas Udayana
  • R.A Retno Murni Fakultas Hukum, Universitas Udayana
  • I Made Dedi Priyanto Fakultas Hukum, Universitas Udayana

Abstract

Tujuan penelitian untuk menganalisa penanggulangan kerugian konsumen dalam penyelesaian sengketa berupa layanan jasa transportasi pada perusahan PT. Grab Indonesia di kota Denpasar. Serta menganalisis upaya perlindungan hukum terhadap konsumen saat dan setelah menggunakan jasa transportasi pada perusahaan PT. Grab Indonesia. Peneliti menggunakan metode acuan dari landasan teoritis data primer dan sekunder. Peneliti menggunakan metode acuan dari landasan teoritis data primer dan sekunder. Metode ini di teliti atas dasar peraturan hukum dengan kejadian yang sebenarnya berdasarkan masalah yang diteliti dalam masyarakat melalui penelitian yuridis empiris. Hasil penelitian dilapangan konsumen mendapat perlindungan berdasarkan pada UU Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen Dalam UU pasal 4 Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Hukum terhadap konsumen terdapat 9 (Sembilan) hak dalam PT. Grab Indonesia yang sudah memenuhi pemberian kewajiban kepada konsumen dalam pemenuhan hak-hak yang akan di dapat konsumen dalam penggunaan jasa pelayanan aplikasi PT Grab Indonesia. Konsumen PT Grab Indonesia yang dapat memberikan bukti kerugian saat dan setelah penggunaan jasa dan/atau berupa produk barang serta uang dalam aplikasi PT Grab Indonesia, akan menerima pertanggung jawaban kegiatan sesuai dengan kerugiaan yang didapat oleh konsumen secara litigasi dan nonlitigasi.


Kata Kunci: Perlindungan Konsumen, Transportasi, Teknologi.


This study purpose is to analyze the prevention of consumer losses in dispute resolution in the form of transportation services at the company PT. Grab Indonesia in Denpasar city. As well as analyzing legal protection efforts against consumers during and after using transportation services at the company PT. Grab Indonesia. Researchers used the reference method from the theoretical basis of primary and secondary data. Researchers used the reference method from the theoretical basis of primary and secondary data. This method is researched on the basis of legal regulations with actual events based on the problems studied in society through empirical juridical research. The results of research in the field that consumers receive protection based on Law Number 8 of 1999 concerning Consumer Protection in Law Article 4 Number 8 of 1999 concerning Legal Protection against consumers there are 9 (nine) rights in PT. Grab Indonesia, which has fulfilled its obligations to consumers in fulfilling the rights that consumers will get in using the application services of PT Grab Indonesia. Consumers of PT Grab Indonesia who can provide evidence of losses during and after the use of services and/or in the form of goods and money in the PT Grab Indonesia application, will receive responsibility for activities in accordance with the losses obtained by consumers in litigation and non-litigation.


Keywords: Consumer Protection, Tranportation, Technology.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-01-26
How to Cite
SUSIANTO, Nieko Natayo; MURNI, R.A Retno; PRIYANTO, I Made Dedi. PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN DALAM PELAYANAN JASA TRANSPORTASI PADA PERUSAHAAN JASA PENYEDIA APLIKASI PT. GRAB KOTA DENPASAR. Kertha Desa, [S.l.], v. 11, n. 1, p. 1611-1623, jan. 2023. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/kerthadesa/article/view/96975>. Date accessed: 21 nov. 2024.
Section
Articles