ANALISIS HUKUM TERHADAP KENDALA APLIKASI LAYANAN KEUANGAN ELEKTRONIK PADA PRODUK DOMPET DIGITAL PAYMENT GATEWAY

  • Ida Ayu Inten Manuaba Fakultas Hukum Universitas Udayana
  • Made Gde Subha Karma Resen

Abstract

Penulisan jurnal ini bertujuan untuk mengetahui kendala yang sering terjadi pada penggunaan produk dompet digital ini serta untuk mengetahui bentuk penyelesaiinya berdasarkan ketentuang peraturan perundang-undangan yang berlaku. Ditulis dengan metode pendekatan fakta dilapangan yaitu metode empiris, hasil studi berdasarkan fakta dan kenyataan dari kasus yang terjadi di masyarakat. Penggunaan dompet digital diatur dalam Pasal 1 angka 6 Peraturan Bank Indonesia Nomor 18/40/PBI/2016 tentang Penyelenggaraan Pemrosesan Transaksi Pembayaran. Pengunaan layanan keuangan elektronik dalam bentuk dompet digital ini tak jarang mengalami beberapa permasalahan yaitu seringkali terjadi delay pembayaran atau bisa disebut juga keterlambatan masuknya sejumlah uang, dimana prosessnya transaksi bayar secara non-tunai tersebut nominal uang yang dibayarkan bisa sampai pada penyedia jasa dalam kurun lebih dari sehari. Kendala lainnya terjadi akibat adanya gangguan pada kualitas internet yang mengakibatkan lambatnya kinerja aplikasi dalam pembayaran. Bagi konsumen pengguna dompet elektronik yang menalami kendala-kendala ini menurut Pasal 38 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dapat mengajukan pengaduan kepada pihak penyelenggara, melakukan mediasi atau dapat juga mengajukan gugatan sesuai dengan tata cara dan ketentuan hukum yang berlaku sebagai bentuk perlindungan hukum bagi konsumen pengguna dompet digital ini.


Kata kunci: Dompet Digital, Aplikasi, Perlindungan Konsumen.


 


ABSTRACT


Writing this journal aims to find out the obstacles that often occur in the use of this digital wallet product and to find out the form of resolution based on the provisions of the applicable laws and regulations. It is written with the factual approach method in the field, namely the empirical method, the results of studies are based on facts and the reality of cases that occur in the community. Other obstacles occur due to interference with internet quality which results in slow application performance in payments. According to Article 38 of Law Number 11 of 2008 concerning Information and Electronic Transactions, consumers who use electronic wallets who experience these problems may file a complaint with the organizer, conduct mediation or can also file a lawsuit in accordance with the applicable legal procedures and provisions as a form of legal protection for consumers who use this digital wallet. The use of digital wallets is regulated in Article 1 number 6 of Bank Indonesia Regulation Number 18/40/PBI/2016 concerning the Implementation of Payment Transaction Processing. The use of electronic financial services in the form of digital wallets often experiences several problems, namely payment delays often occur or can also be called delays in the entry of a certain amount of money, where the process of paying non-cash transactions is the nominal amount of money paid can arrive at the service provider within a period of more    than a day.


Keywords: Digital Wallet, Application, Consumer Protection

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-11-28
How to Cite
MANUABA, Ida Ayu Inten; RESEN, Made Gde Subha Karma. ANALISIS HUKUM TERHADAP KENDALA APLIKASI LAYANAN KEUANGAN ELEKTRONIK PADA PRODUK DOMPET DIGITAL PAYMENT GATEWAY. Kertha Desa, [S.l.], v. 9, n. 11, p. 37-47, nov. 2021. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/kerthadesa/article/view/77859>. Date accessed: 21 nov. 2024.
Section
Articles