TINJAUAN HUKUM TENTANG PENJUALAN MINUMAN BERALKOHOL OLEH BANJAR PAKRAMAN

  • Luh Putu Vicky Andriani
  • I Gede Pasek Pramana

Abstract

Jurnal ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis tentang fenomena penjualan minuman beralkohol oleh banjar pakraman. Jenis penelitian yang digunakan dalam jurnal ini adalah pemeniltian normatif. Sumber bahan hukum terdiri dari bahan hukum primer, bahan hukum sekunder dan bahan hukum tersier yang dianalisis secara kualitatif.


          Pengaturan hukum tentang minuman beralkohol di Indonesia sejatinya sangat komperhensif. Hal ini terbukti dari adanya beragam peraturan perundang-undangan yang mengatur mengenai minuman beralkohol, yang bersifat saling melengkapi. Meskipun minuman beralkohol tersebut tidak dilarang, namun negara tetap melakukan pengendalian dan pengawasan terhadap peredaran dan penjualan minuman beralkohol.


          Secara eksplisit dalam berbagai peraturan perundang-undangan tidak ada pengaturan yang menentukan mengenai penjualan minuman beralkohol oleh banjar pakraman. Namun, disisi lain ada pengaturan yang memberi peluang bagi banjar pakraman untuk melakukan penjualan minuman beralkohol.


Kata kunci : minuman beralkohol, banjar pakraman.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-10-01
How to Cite
ANDRIANI, Luh Putu Vicky; PRAMANA, I Gede Pasek. TINJAUAN HUKUM TENTANG PENJUALAN MINUMAN BERALKOHOL OLEH BANJAR PAKRAMAN. Kertha Desa, [S.l.], p. 1-17, oct. 2018. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/kerthadesa/article/view/42597>. Date accessed: 26 apr. 2024.
Section
Articles