PERLINDUNGAN DAN HAK TENAGA KERJA WANITA DI INDONESIA BERDASARKAN KESESUAIAN PADA KONVENSI ILO

  • Putu Margaretta Valencia Divayanti Fakultas Hukum, Universitas Udayana
  • I Gede Pasek Eka Wisanjaya Fakultas Hukum, Universitas Udayana

Abstract

Penelitian ini disusun untuk mengetahui perlindungan hak yang didapat oleh tenaga kerja wanita apabila dilihat dari konvensi-konvensi yang dikeluarkan oleh Organisasi Buruh Internasional (ILO). Selain itu, penelitian ini juga dibuat dengan tujuan untuk mengetahui dan memahami kesesuaian peraturan nasional di Indonesia terkait hak dan perlindungan tenaga kerja wanita apabila dikaitkan dengan konvensi-konvensi ILO. Penelitian ini disusun dengan menggunakan pendekatan metodologi yuridis normatif, yang melibatkan metode pendekatan perundang-undangan dan pendekatan analitis. Dimana penulis mengkaji dan menganalisis regulasi terkait ketenagakerjaan di Indonesia dan konvensi-konvensi ILO yang berkaitan dengan perlindungan hak serta kesetaraan tenaga kerja wanita. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ILO memiliki peran yang sangat penting dalam pembentukan konvensi-konvensi yang mengatur mengenai hak dan perlindungan tenaga kerja wanita secara universal dan kekuatan yang dimilikinya untuk membuat negara anggotanya meratifikasi konvensi tersebut dan membentuk undang-undang sejenis. Tak terkecuali di Indonesia yang telah meratifikasi beberapa konvensi ILO serta telah membentuk dan memberlakukan peraturan perundang-undangan mengenai hak dan perlindungan tenaga kerja wanita yang secara garis besar telah sesuai dengan isi dari konvensi-konvensi ILO.


This study was compiled to find out what rights protections are obtained by women workers when viewed from the conventions issued by the International Labor Organization (ILO). In addition, this study was also made with the aim of knowing and understanding how appropriate national regulations applied in Indonesia related to the rights and protection of women workers when related to ILO conventions. The research is conducted using a normative juridical research method with the regulatory approach (Regulation Approach) and analytical approach where the author examines and analyzes labor-related regulations in Indonesia and ILO conventions related to the protection of women's labor rights and equality. The results show that the ILO has a very important role in the establishment of conventions that regulate the universal rights and protection of women workers and the power it has to make its member states to ratified the conventions and form similar laws. Indonesia is no exception, which has ratified several ILO conventions also formed and enacted laws and regulations regarding the rights and protection of women workers which are broadly in accordance with the contents of ILO conventions.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-04-20
How to Cite
DIVAYANTI, Putu Margaretta Valencia; WISANJAYA, I Gede Pasek Eka. PERLINDUNGAN DAN HAK TENAGA KERJA WANITA DI INDONESIA BERDASARKAN KESESUAIAN PADA KONVENSI ILO. Kertha Desa, [S.l.], v. 11, n. 11, p. 3765-3777, apr. 2024. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/kerthadesa/article/view/110405>. Date accessed: 04 july 2024.
Section
Articles