DISKURSUS PENGEMBANGAN PARIWISATA DALAM MASYARAKAT

  • Dedi Gusman

Abstract

Pengembangan kawasan wisata akan selalu mengalami
pergulatan baik dalam tataran wacana maupun dalam tataran
aksi. Sebagai sebuah realita dalam masyarakat, dalam setiap
pengembangan pariwisata semua komponen ikut bermain dan
mempunyai kepentingan sendiri-sendiri yang harus dipenuhi melalui diskursusnya masing-masing. Di dalam suatu pengembangan satu sisi ada pihak yang menginginkan perubahan akan tetapi, di sisi lain ada pihak yang masih tetap berpegang teguh pada nilai tradisi yang diwarisi oleh leluhur. Hal ini akan, menjadi diskursus dalam pengembangan pariwisata yang terus-menerus bertarung tiada hentinya antara setuju dan yang tidak setuju. Fenomena inilah yang terjadi dalam masyarakat saat sekarang ini hingga mengakibatkan suatu perubahan dan perkembangan multidimensional yang
meliputi, ekonomi, politik, sosial-budaya, yang berimbas kepada diskursus pengembangan pariwisata.
Diskursus pengembangan pariwisata menghasilkan banyak
makna seperti makna yang menjurus kepada pemerintah, industri pariwisata, masyarakat dan kaum ekolog, baik berupa dari segi ekonomi, sosial-budaya, maupun kepentingan-kepentingan pihakpihak yang terlibat di dalamnya.

Downloads

Download data is not yet available.
How to Cite
GUSMAN, Dedi. DISKURSUS PENGEMBANGAN PARIWISATA DALAM MASYARAKAT. E-Jurnal Kajian Budaya (Online Journal of Cultural Studies), [S.l.], feb. 2013. ISSN 2302-7304. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/kajian/article/view/4825>. Date accessed: 28 apr. 2024.

Keywords

diskursus, pengembangan pariwisata