PENYUSUNAN PANDUAN INFORMASI DAYA TARIK WISATA DAN PROMOSI MEDIA SOSIAL PURI AGUNG DENPASAR

  • I. Rahyuda Program Studi Pengelolaan Perhotelan, Fakultas Pariwisata, Universitas Udayana
  • P.D. Kesumadewi Program Studi Industri Perjalanan Wisata, Fakultas Pariwisata, Universitas Udayana
  • I.K. Suwena Program Studi Pengelolaan Perhotelan, Fakultas Pariwisata, Universitas Udayana
  • N.K. Arismayanti Program Studi Pengelolaan Perhotelan, Fakultas Pariwisata, Universitas Udayana
##plugins.pubIds.doi.readerDisplayName## https://doi.org/10.24843/BUM.2023.v22.i03.p03

Abstrak

Keberadaan warisan budaya semakin tersingkir dan terpinggirkan akibat modernisasi. Dalam pengembangan city tour Kota Denpasar, informasi tentang daya tarik wisata belum optimal. Informasi dan promosi daya tarik wisata sangat penting untuk menarik minat wisatawan maupun bagi wisatawan yang berkunjung. Terbatasnya informasi yang tersedia akses oleh wisatawan tentu menghambat pertumbuhan pariwisata di daerah. Terlebih wisata puri yang memang memerlukan sentuhan inovasi produk wisata ditengah maraknya persaingan dan tren produk wisata kontemporer. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan di Desa Dangin Puri Kaja, Kecamatan Denpasar Utara, Kota Denpasar, Bali bertujuan untuk menggali dan menyusun panduan informasi daya tarik wisata puri dan memanfaatkan media sosial untuk promosi daya tarik wisata. Program kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan di Puri Agung Denpasar memiliki target capaian adanya peningkatan promosi digital secara berkesinambungan; adanya panduan bagi generasi muda dan wisatawan yang berkunjung; semakin geliatnya pariwisata Kota Denpasar melalui pengembangan wisata puri; promosi media sosial dilengkapi dengan tutorial pengelolaan akun Instagram dan Facebook. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diharapkan memberikan dampak positif dengan semakin dikenalnya Puri Agung Denpasar dan meningkatnya pendapatan masyarakat sekitar dari semakin meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan.


Kata kunci: panduan wisata, daya tarik wisata, promosi, media sosial, wisata puri, Puri Agung Denpasar.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Ardika, I Wayan. 2015. Warisan Budaya Perspektif Masa Kini. Denpasar: Udayana University Press.
Arismayanti, Ni Ketut, Nyoman Dini Andiani, dan I Gde Pitana. Digital Marketing: Teori, Konsep dan Implemenatasinya dalam Pariwisata. Yogyakarta: KBM Indonesia.
Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bali. 2020. Provinsi Bali dalam Angka. Bali: CV. Bhineka Karya.
Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Denpasar. 2020. Kecamatan Denpasar Utara dalam Angka 2020. Denpasar: CV. Arysta Jaya.
Gelebet, I Nyoman. 1986. Asitektur Tradisional Daerah Bali. Jakarta: Depdikbud.
Mahardika, I Nyoman, dan Sita Laksmi. 2008. Warisan Budaya (Cultural Heritage) di Kota Denpasar: Perspektif Historis. Bappeda Kota Denpasar.
Salain, Nyoman Ratih Prajnyani. 2018. Kesinambungan Arsitektur Puri Agung Ubud, Gianyar sebagai Obyek Wisata Budaya Berdasarkan Unsur-Unsur Kebudayaan. Senada 2018 STD Bali: 375-383.
Suarmana, Wayan Restu, I Wayan Ardika, dan I Nyoman Darma Putra. 2017. Pengembangan Pusat Kota Denpasar sebagai ‘Heritage Tourism’. JUMPA 4 (1): 62-77. p-ISSN 2406-9116 e-ISSN 2502-8022.
Suwena, I Ketut dan Ni Ketut Arismayanti. 2020. Sistem Pariwisata. Denpasar: Cakra Media Utama.
Yanti, Dewi. 2020. Pengaruh Digital Marketing terhadap Peningkatan Kunjungan Wisata di Danau Toba. Jurnal Pariwisata dan Budaya, 11 (1): 16-26. DOI: https://doi.org/10.31294/khi.v11i1.7607.
Diterbitkan
2023-02-20
##submission.howToCite##
RAHYUDA, I. et al. PENYUSUNAN PANDUAN INFORMASI DAYA TARIK WISATA DAN PROMOSI MEDIA SOSIAL PURI AGUNG DENPASAR. Buletin Udayana Mengabdi, [S.l.], v. 22, n. 3, p. 128-133, feb. 2023. ISSN 2654-9964. Tersedia pada: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jum/article/view/97981>. Tanggal Akses: 16 dec. 2025 doi: https://doi.org/10.24843/BUM.2023.v22.i03.p03.