PELATIHAN MITIGASI BENCANA DENGAN METODE KAMISHIBAI

  • S. Damayanti Program Studi Sastra Jepang, Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana
  • K.W. Purnawati Program Studi Sastra Jepang, Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana
  • N.M.A. Dewi Program Studi Sastra Jepang, Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana
  • N.P.L. Wedayanti Program Studi Sastra Jepang, Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana
  • N.L.P.A. Sulatri Program Studi Sastra Jepang, Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana
  • BPBD Bali
##plugins.pubIds.doi.readerDisplayName## https://doi.org/10.24843/BUM.2023.v22.i01.p10

Abstrak

Desa Pering Kecamatan Gianyar merupakan daerah rawan bencana gempa bumi dan tsunami. Pengabdian masyarakat yang dilakukan bertema “Pelatihan Mitigasi bencana dengan metode kamishibai” ini bertujuan melatih murid dan guru sekolah dasar di Desa Pering agar tanggap bencana gempa bumi dan tsunami. Pengabdian yang dilakukan secara daring melalui media Webex menyasar Sekolah Dasar Negeri 5 Pering, Kecamatan Gianyar, Bali. Pelaksanaan pelatihan tanggap bencana dilakukan dengan mendongengkan cerita berjudul “Ku Tak Takut akan Gempa dan Tsunami” karya Damayanti dan ilusator Mirah (2021) dengan metode kamishibai. Kemudian, pelatihan dilanjutkan dengan sosialisasi mitigasi bencana, dan simulasi tanggap bencana melalui pemutaran video simulasi tanggap bencana. Hasil dari kegiatan tersebut didapat bahwa Metode kamishibai merupakan metode yang tepat digunakan untuk mengajarkan anak-anak mengenai mitigasi bencana gempa bumi dan tsunami. Anak-anak dengan mudah memahami cara menghadapi bencana Gempa bumi dan tsunami setelah menyimak dongeng yang diceritakan melalui metode kamishibai. Sosialisasi mitigasi bencana dan pemutaran video simulasi dari pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Bali melengkapi pengetahuan dan meningkatkan keterampilan murid dan guru dalam menghadapi bencana Gempa bumi dan tsunami. Diharapkan pengabidan ini dapat menjadi contoh bagi masyarakat dan instansi pemerintah maupun swasta yang ingin melakukan meningkatkan pemahaman dan keterampilan anak dan guru dalam menghadapi bencana di sekolah.


Kata kunci : bencana, dongeng, gempa, kamishibai, mitigasi, tsunami.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Ari, S. (2013). Yoshibaachan no Kamishibai. In Monogatari Tsugi Ohanashi Ehon 2: 3Gatsu 11 Nichi Nigero! Tsunami da! (pp. 26–43). Gakken Education:
BNBP. 2018. Potensi Ancaman Bencana. Diunduh dari https://bpbd.baliprov.go.id/v/60/pengetahuan-kebencanaan/article/135/potensi-ancaman-bencana
Damayanti, S., Suarka, I. N., Luh, N., & Ari, P. (2020). Disaster Discourse in Children ’ s Story Books. 1st International Conference on Folklore, Language, Education and Exhibition (ICOFLEX 2019), Icoflex 2019, 198–204. https://doi.org/https://doi.org/10.2991/assehr.k.201230.038
Merchant, A. (2015). Children and Disaster Education: An Analysis of Disaster Risk Reduction within the School Curricula of Oregon, Texas, and the Philippines [Concordia University]. In MA IDS Thsis Projects. htt://commons.cu-portland.edu/gradproj/26
Mudavanhu, C., Manyena, S. B., Collins, A. E., Bongo, P., Mavhura, E., & Manatsa, D. (2015). Taking Children’s Voices in Disaster Risk Reduction a Step Forward. International Journal of Disaster Risk Science, 6(3), 267–281. https://doi.org/10.1007/s13753-015-0060-7
Nugroho, Sutopo Purwo. 2018. “Kerugian dan Kerusakan Dampak Bencana di Sulawesi Tengah Mencapai 13,82 Trilyun Rupiah”. Diunduh dari laman https://www.bnpb.go.id/en/kerugian-dan-kerusakan-dampak-bencana-di-sulawesi-tengah-mencapai-1382-trilyun-rupiah
Sundawa, D., Logayah, D., & Malik, Y. (2020). Increase the awareness and response of disaster by using kamishibai learning method on social studies at junior high school. IOP Conf. Series: Earth and Environmental Science, 1–6. https://doi.org/10.1088/1755-1315/485/1/012119
Supartini, dkk. 2017. Buku Pedoman Latihan Kesiapsiagaan Bencana: Membangun Kesadaran, Kewaspadaan, dan Kesiapsiagaan dalam Menghadapi Bencana. BNPB: Jakarta.
Windiandari, A., Saraswati, D. S., Patria, M., Hatuti, N., & Fadil, Z. A. (2011). Pengenalan Kamishibai: Metode Story Telling Ala Jepang. Harmoni, 1(November), 27–31.
Yunus, Ridwan, et.al. (2018). Katalog Desa/Kelurahan Rawan Tsunami. BNPB. https://bnpb.go.id/uploads/24/katalog-desa-kelurahan-rawan-tsunami.pdf
Diterbitkan
2023-01-29
##submission.howToCite##
DAMAYANTI, S. et al. PELATIHAN MITIGASI BENCANA DENGAN METODE KAMISHIBAI. Buletin Udayana Mengabdi, [S.l.], v. 22, n. 1, p. 51-57, jan. 2023. ISSN 2654-9964. Tersedia pada: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jum/article/view/95115>. Tanggal Akses: 14 oct. 2025 doi: https://doi.org/10.24843/BUM.2023.v22.i01.p10.

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##