IMPLEMENTASI BLENDED LEARNING DI SMA PMB BANDUNG

  • Y.M. Azis STIE Ekuitas
  • I. Hilman STIE Ekuitas
  • G.N. Witka STIE Ekuitas
  • R.I. Simanungkalit STIE Ekuitas

Abstract

Pandemi Covid 19 yang mulai menurun tingkat penularannya, tidak lantas membuat pembelajaran bisa sepenuhnya dilakukan dengan cara tatap muka. Kekhawatiran terjadinya lagi pandemi membuat semua pihak harus tetap mengantisipasi cara yang harus dilakukan andaikata hal tersebut terjadi, oleh karena itu untuk memitigasi dampak negatif dan menjamin keberlangsungan belajar, maka proses belajar dilakukan dengan cara blended learning. Pembelajaran blended learning harus dilaksanakan mengingat siswa tidak mungkin untuk belajar mandiri secara penuh, diperlukan beberapa kali tatap muka agar siswa mempunyai tempat bertanya, berdiskusi dengan gurunya setelah siswa belajar secara online. Permasalahan prioritas menjalankan blended learning yaitu (1) ketidak tersediaan aplikasi berbasis smartphone yang dimiliki oleh mitra, (2) siswa dan guru belum paham teknik pembelajaran e-learning dan blended learning, (3) guru belum bisa mendesain program pembelajaran e-learning dan blended learning. Solusi yang diberikan adalah (1) memodifikasi aplikasi pembelajaran e-learning yang pernah dipakai dalam hibah penelitian oleh tim pengabdian, agar dapat digunakan dalam berbagai tipe smartphone dan (2) memberikan pelatihan pembuatan desain media pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Hasil kegiatan pengabdian ini yaitu siswa dan guru menjadi terbiasa melaksanakan pembelajaran secara blended learning, dan guru mampu membuat desain media pembelajaran berbasis online.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azis, Y.M. 2013. The Effectiveness of Blended learning, Prior Knowledge to the Understanding Concept in Economics. Educational Research International (ERint). Volume 02 No. 02, pp. 106-116.
Azis, Y.M, Suharyati, H, Amali, I. (2019). Pengetahuan Awal Penguasaan Internet dalam e- Learning dan Dampaknya Terhadap Hasil Belajar Matematika. SNHRP-II : Seminar Nasional Hasil Riset dan Pengabdian, Ke-II, 2019 Tersedia online di http://snhrp.unipasby.ac.id/ ISBN 978-602-5793-57-8 418 SNHRP-II UNIPA Surabaya..pp. 1 – 6.
Azis, Y.M, Juanda, E.A. 2017. Software Development Blended Learning Support in the Mathematical Economics Courses - Proceeding International Conference on Mathematics, Science, and Education (ICMSE) Volume 3 No.1. pp. 184-188.
Azis, Y.M., Suharyati, H, Susanti, S. 2020. Sharing Time Learning (Face to Face and Online Learning) in Blended Learning - International Journal of Psychosocial Rehabilitation. Volume.24. Issue 02. pp. 466-474.
Azis, Y.M. Fatimah, N. 2020. Focus Group Discussions E - Learning based on Prior Knowledge and Problems in the Covid-19 Pandemic Period. Technium Social Sciences Journal Voloume. 9 . pp. 119-132.
Azis, Y.M, Meiti, L. 2021. The Effectiveness of e-Learning, Learning Styles, Prior
Knowledge, and Internet SelfEfficacy in Business Mathematics Courses. Kreano Jurnal Matematika Kreatif – Inovatif. Volume.12 No.2.. pp. 353-365.
Bolliger, D & Martindale, T. 2008. Students Satisfaction in an Online Master’s Degree Program in Instructional Technology. Journal of Interactive Instruction, III – p. 24-28.
McGinnis, M. 2005. Building A Successful Blended learning Strategy. http://www.ltimagazine.com/ltimagazin
Redding, T.R.,& Rotzien, J. 2008. Comparative Analysis on Online Learning vs Classroom Learning. Journal of Interactive Instruction Development, pp. 3 – 124.
Sirakaya, M., Armak, B. A. Ş., & Baltaci, Ö. (2015). Analysis of teacher candidates ’ educational internet self -efficacy beliefs in terms of various variables. 174, 3094–3101. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.1046
Sucheta, V., Kolekar, Pai, R. M., & Pai, M. (2018). Adaptive User Interface for Moodle based E-learning System using Learning Styles. Procedia Computer Science, 135, 606–615. https://doi.org/10.1016/j.procs.2018.08.226
Published
2022-06-22
How to Cite
AZIS, Y.M. et al. IMPLEMENTASI BLENDED LEARNING DI SMA PMB BANDUNG. Buletin Udayana Mengabdi, [S.l.], v. 21, n. 2, p. 171-177, june 2022. ISSN 2654-9964. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jum/article/view/85437>. Date accessed: 16 aug. 2022.