PEMANFAATAN LIMBAH JSJ (JERAMI, SEKAM, JANGGEL JAGUNG) SEBAGAI MEDIA TUMBUH JAMUR MERANG GUNA MENCIPTAKAN PELUANG BISNIS DI DESA KARANGKEDAWUNG KABUPATEN JEMBER

  • F. Andikaningrum
  • R.A. Utami
  • R.N. Azizah
  • D.T. Kumalasari Universitas Jember
  • B. Rahmatullah
  • N.L.J. Nikmah

Abstract

Desa Karangkedawung merupakan salah satu desa di Kecamatan Mayang Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur. Kondisi geografis desa ini di dominasi oleh persawahan, hal ini menyebabkan sebagai besar masyarakatnya bermatapencaharian sebagai petani. Masyarakat di desa ini dihadapkan pada beberapa permasalahan yakni tingginya taraf ekonomi menengah kebawah, rendahnya tingkat pendidikan dan minimnya ketrampilan, serta permasalahan pada sektor pertanian berupa pembakaran limbah pertanian. Rendahnya pengetahuan dan keterampilan masyarakat menyebabkan tidak adanya pengetahuan akan dampak negatif pembakaran  limbah serta tidak adanya pemanfaatan akan limbah pertanian tersebut. Tujuan dari program pengabdian masyarakat ini ialah untuk memberikan pelatihan kepada masyarakat terkait pemanfaatan limbah tersebut sehingga dapat dijadikan sebagai Mediatumbuh jamur merang yang memiliki nilai ekonomi. Tujuan program ini ialah untuk mengurangi kebiasaan masyarakat akan pembakaran limbah serta meningkatkan pendapatan dan keterampilan masyarakat. Metode pengabdian yang dilakukan dibagi menjadi tiga tahap yakni persiapan, pelaksanaan dan pendampingan. Program ini dilakukan pada 15 keluarga mitra dengan balok jamur berjumlah 30. Manfaat yang dihasilkan dengan adanya program pengabdian ini ialah berkurangnya kebiasaan pembakaran limbah pertanian dengan pemanfaatan limbah sebagai Mediatumbuh jamur secara mandiri, menciptakan peluang bisnis, serta meningkatkan pendapatan masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Djoefrie, Bintoro dan R. K. Dewi. 2014. Pencegahan, Pengendalian, dan Pemanfaatan Limbah Organik. Bogor: IPB Press.
Hafidawati. 2018. Karakteristik Emisi Black Carbon (BC) dari Pembakaran Terbuka Jerami Padi dan Dampak Terhadap Kualitas Udara Ambien. Econews, 1(2): 72 – 80.
Nurhakim, Y. I. 2018. Budi Daya Jamur Merang. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer.
Nurlia, A. M. I. T. Asfar, A. M. I. A. Asfar, M. I. Ridwan, Nurwahyuni dan A. S. Rahayu. 2020. Mix Sekam Padi, Bonggol Jagung dan Tempurung Kelapa Sebagai Pestisida Alami. Sukabumi: CV. Jejak Publisher.
PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. 2020. Buku Pertanian Agribisnis Jamur Merang. Sleman: Deepublish.
Retnani, Yuli., I. G. Permana, N. R Kumalasari dan Taryati. 2015. Teknik Membuat Biskuit Pakan Ternak dari Limbah Pertanian. Jakarta: Penebar Swadaya.
Saputra, Wanda. 2014. Budidaya Jamur Merang: Jakarta : PT. Agromedia Pustaka.
Sunarmi, Y. I. dan C. Saparinto. 2018. Usaha 4 Jenis Jamur Skala Rumah Tangga. Jakarta: PT. Penebar Swadaya.
Syaiful, F. L., U. G. S. Dinata dan Y. Hidayatullah. 2018. Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pemanfaatan Limbah Sekam Padi Sebagai Bahan Bakar Kompor Sekam Yang Ramah Lingkungan Di Kinali, Pasaman Barat. Buletin Ilmiah Nagari Membangun, 1(3), 62 – 69.
Yuliawati, Tetty. 2016. Pasti Untung dari Budi daya Jamur. Jakarta Selatan: PT. AgromediaPustaka.
Published
2022-06-28
How to Cite
ANDIKANINGRUM, F. et al. PEMANFAATAN LIMBAH JSJ (JERAMI, SEKAM, JANGGEL JAGUNG) SEBAGAI MEDIA TUMBUH JAMUR MERANG GUNA MENCIPTAKAN PELUANG BISNIS DI DESA KARANGKEDAWUNG KABUPATEN JEMBER. Buletin Udayana Mengabdi, [S.l.], v. 21, n. 2, p. 178-184, june 2022. ISSN 2654-9964. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jum/article/view/80123>. Date accessed: 16 aug. 2022.