PELATIHAN STRATEGI BRANDING DAN DIGITAL MARKETING SERTA SOSIALISASI KREDIT USAHA RAKYAT

  • I.G.N.O. Panasea UNIVERSITAS UDAYANA
  • I.W.G.W.P. Anggara Program studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Udayana
  • A.A.N.A. Kresnandra Program studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Udayana
  • I.M.A.P. Wistawan Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Udayana
##plugins.pubIds.doi.readerDisplayName## https://doi.org/10.24843/BUM.2024.v23.i02.p04

Abstrak

Desa Nongan, Karangasem memiliki banyak potensi untuk dikembangkan, antara lain: pariwisata, pertanian, dan kuliner. Sektor pariwisata Desa Nongan bergerak pada bidang agrowisata, seperti alam perbukitan, sungai, dan objek-objek wisata alam lainnya. Selain itu, Desa Nongan juga memiliki potensi di sektor pertanian dengan komoditas potensial berupa salak, kelapa, padi, dan umbi-umbian. Tidak hanya pariwisata dan pertanian, Desa Nongan juga memiliki potensi di bidang lainnya yaitu kuliner berupa produk pia. Namun, hingga saat ini potensi-potensi tersebut cenderung hanya dikembangkan secara konvensional sehingga pengembangan usaha masih terbatas. Pada era 4.0 ini segala hal telah bertransformasi menjadi serba digital. Ditambah dengan adanya pandemi COVID-19, potensi pengembangan bisnis secara digital sangat menjanjikan. Dengan adanya pelatihan digital marketing terhadap UMKM Desa Nongan, penulis berharap output dari pengabdian ini berupa penerapan digital marketing dalam mengembangkan usahanya. Pelatihan ini tidak hanya berfokus pada potensi yang disebutkan diatas, melainkan terbuka untuk setiap potensi yang ada di Desa Nongan, Karangasem.


Kata kunci : branding, digital marketing, sosialisasi KUR, UMKM

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Budiarsa, I. N., Suardana, N. P. G., & Suarsana, I. K. (2017). Pengembangan Potensi Wisata Alam, Budaya Lokal Serta Kuliner Khas Di Desa Nongan Karangasem Bali. Buletin Udayana Mengabdi, 16.
Chaffey, Dave. Ellis-Chadwick, F. (2016). Digital Marketing: Strategy, Implementation and Practice, Sixth Edition. United Kingdom: Pearson
Fadly, H. D. (2020). Membangun Pemasaran Online dan Digital Branding di Tengah Pandemi COVID-19. Jurnal Ecoment Global, Volume 5(Nomor 2), 213 - 222.
Kotler, P. (2009). Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid 1. Jakarta: Erlangga
Landa, Robin. (2006). Designing Brand Experience. Thomson Delmar Learning.
Neumeier, Marry. (2003). The Brand Gap. USA; AIGA
Saputra, I. N. G. A. J., & Maradona, A. F. (2020). Explorasi Masyarakat Lokal dalam Pengembangan Desa Wisata. Pariwisata Budaya: Jurnal Ilmiah Pariwisata Agama Dan Budaya. https://doi.org/10.36275/mws
Diterbitkan
2023-04-21
##submission.howToCite##
PANASEA, I.G.N.O. et al. PELATIHAN STRATEGI BRANDING DAN DIGITAL MARKETING SERTA SOSIALISASI KREDIT USAHA RAKYAT. Buletin Udayana Mengabdi, [S.l.], v. 23, n. 2, p. 102-107, apr. 2023. ISSN 2654-9964. Tersedia pada: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jum/article/view/79968>. Tanggal Akses: 14 oct. 2025 doi: https://doi.org/10.24843/BUM.2024.v23.i02.p04.