PENDAMPINGAN POKDARWIS DESA WISATA PERANCAK DALAM MENENTUKAN TARGET PASAR PARIWISATA

  • I.M. Adikampana Program Studi Pariwisata Program Sarjana, Fakultas Pariwisata, Universitas Udayana
  • I.N. Sunarta Program Studi Pariwisata Program Sarjana, Fakultas Pariwisata, Universitas Udayana
  • L.P.K. Pujani Program Studi Pariwisata Program Sarjana, Fakultas Pariwisata, Universitas Udayana
  • P.K. Sanjiwani Program Studi Pariwisata Program Sarjana, Fakultas Pariwisata, Universitas Udayana
##plugins.pubIds.doi.readerDisplayName## https://doi.org/10.24843/BUM.2021.v20.i03.p08

Abstrak

Desa Wisata Perancak terletak di Desa Perancak, Kabupaten Jembrana, Provinsi Bali. Desa wisata ini memiliki keunikan natural dan spiritual yang telah dikembangkan sebagai daya tarik wisata berbasis pesisir (marine based tourism). Namun keberadaan daya tarik wisata tersebut belum mendapatkan respon berarti dari wisatawan atau pasar pariwisata. Permasalahan ini disebabkan oleh keterbatasan Pokdarwis selaku pengelola atau selanjutnya disebut kelompok mitra dalam menentukan target pasar pariwisata yang tepat untuk produk Desa Wisata Perancak. Berdasarkan situasi tersebut, maka sangat dibutuhkan program pendampingan bagi kelompok mitra guna menemukenali target pasar Desa Wisata Perancak. Pendampingan dilakukan dengan mengadakan workshop tentang analisis pasar Desa Wisata Perancak. Program yang dimaksud ditujukan bagi kelompok masyarakat terpilih, yakni Pokdarwis Desa Wisata Perancak. Adanya program pendampingan ini telah memampukan masyarakat di Desa Wisata Perancak untuk menentukan dengan tepat pasar pariwisata atau wisatawan yang ditargetkan tertarik mengunjungi destinasi pariwisata perdesaan di sisi Barat Pulau Bali ini.

Kata-kata kunci : pendampingan, Pokdarwis, target pasar, Desa Wisata Perancak

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

European Union, 2016, Preferences of Europeans towards Tourism, European Commission.
Fletcher, J., Fyall, A., Gilbert, D. dan Wanhill, S., 2018. Tourism: Principles and Practice. Pearson Education Limited. UK.
Kabote, F., Mamimine, P.W., dan Muranda, Z., 2017. Domestic Tourism for Sustainable Development in Developing Countries. African Journal of Hospitality, Tourism and Leisure, 6(2) : 1-12.
Kotler, P., Makens, J.C., Bowen, J.T. dan Baloglu, S., 2018. Marketing for Hospitality and Tourism. Pearson Education Limited. UK.
Kotler, P., Armstrong, G., dan Opresnik, M.O.,2021. Principles of Marketing. Pearson Education Limited. UK.
Lane, B., 1994. What is rural tourism?. Journal of Sustainable Tourism, 2(1-2) : 7-21.
Diterbitkan
2022-01-10
##submission.howToCite##
ADIKAMPANA, I.M. et al. PENDAMPINGAN POKDARWIS DESA WISATA PERANCAK DALAM MENENTUKAN TARGET PASAR PARIWISATA. Buletin Udayana Mengabdi, [S.l.], v. 20, n. 3, p. 229-234, jan. 2022. ISSN 2654-9964. Tersedia pada: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jum/article/view/79134>. Tanggal Akses: 14 oct. 2025 doi: https://doi.org/10.24843/BUM.2021.v20.i03.p08.