PENINGKATAN MINAT BELAJAR AKSARA BALI MELALUI MEDIA INTERAKTIF BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DI LINGKUNGAN PENDIDIKAN ANAK USIA SEKOLAH DASAR

  • K. S. Wibawa Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
  • P. W. Buana Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
  • I. P. A. Bayupati Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
  • M. Sukarsa Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana

Abstract

Masuknya budaya dan bahasa asing ke dalam tatanan kehidupan masyarakat lokal di era teknologi informasi ini menjadikan semakin tergesernya penggunaan bahasa dan aksara daerah dalam kehidupan masyarakat Bali. Media teknologi informasi berbasiskan aplikasi agumented reality pada telepon pintar dapat dijadikan media belajar alternatif. Dukungan perangkat telepon pintar dan kebiasan anak-anak usia Sekolah Dasar dalam memainkan gawai dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk mendorong minat anak belajar Aksara Bali. Metode bermain sambil bejar merupakan metode yang efektif menanamkan dan menumbuh kembangkan keinginan belajar Aksara Bali. Model belajar interaktif dengan memadukan animasi tiga dimensi yang diikuti dengan suara menulis Aksara Bali (Augmented Reality) mampu membuat anak usia sekolah dasar tertarik untuk memainkan dan mempraktekannya. Pada aplikasi juga  diberikan contoh penggunaan aksara dalam sebuah kata dan penggunaan pasang-pageh beserta penjelasannya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Pergub Bali No 80 tahun 2018, “Perlindungan dan Penggunaan Bahasa, Aksara dan Sastra Bali Serta Penyelenggaraan Bulan Bahasa Bali, 2018.
Imade Giri Arsa 2017,“Pelesatarian Bahasa, Aksara dan Sastra Bali Melalui Pengoptimalan Terpusat Pendidikan, Purwadita. Vol.1, No.1, Tahun 2017
Wilian, Sudirman. "Pemertahanan bahasa dan kestabilan kedwibahasaan pada penutur bahasa Sasak di Lombok." Dalam Linguistik Indonesia. Tahun ke-28, Nomor 1 (2010): 23-39.
Sudana, Aak Oka, Kadek SuarW, and Made Ari Dhanu tirtha. "Learning Media of Balinese Script Writing Based on Augmented Reality." journal of theoretical & applied information technology Vol. 90, No. 1 (2016)
Tondo, Henry. "Kepunahan bahasa-bahasa daerah: Faktor penyebab dan implikasi etnolinguistis." Jurnal Masyarakat dan Budaya Vol. 11. No. 2 (2009): 277-296.
Setiyawan, Putu Ary, and I. Putu Agung Bayupati. "Balinese Alphabet Sebagai Aplikasi Media Pembelajaran Aksara Bali Berbasis Android Mobile Platform." Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi), Vol.2, No.2 (2016).
Fajaraditya, I. Nym Anom, and AA Gede Dalem Kemara Putra. "Perancangan Media Interaktif Pembelajaran Bahasa Bali Untuk Anak Anak Dengan Load Movie Berbasis Animasi Flash." Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI) Vol. 2 No. 1 (2013): 51-63.
Published
2022-01-27
How to Cite
WIBAWA, K. S. et al. PENINGKATAN MINAT BELAJAR AKSARA BALI MELALUI MEDIA INTERAKTIF BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DI LINGKUNGAN PENDIDIKAN ANAK USIA SEKOLAH DASAR. Buletin Udayana Mengabdi, [S.l.], v. 20, n. 4, p. 307-312, jan. 2022. ISSN 2654-9964. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jum/article/view/79106>. Date accessed: 04 oct. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/BUM.2021.v20.i04.p06.