PENINGKATAN KOMPETENSI LITERASI SISWA PAKET B DAN PAKET C DI PKBM MENTARI FAJAR MELALUI PELATIHAN LITERASI DIGITAL
Abstrak
Pendidikan kesetaraan belajar masyarakat merupakan pendidikan nonformal yang diselenggarakan secara mandiri oleh dan untuk masyarakat yang tidak sempat menyelesaikan pendidikan formal dengan alasan apa pun. Salah satu masalah yang dihadapi oleh siswa PKBM Mentari Fajar adalah minimnya literasi digital (digital literacy). Era Revolusi Industri Keempat (The Fourth Industrial Revolution), yang ditandai oleh disrupsi teknologi informasi, konektivitas semua peranti yang terhubung Internet (Internet of Things), teknologi kecerdasan buatan yang mendominasi, dan perubahan budaya yang mengharuskan siswa PKBM Mentari Fajar untuk beradaptasi dalam mengikuti perubahan paradigma dalam belajar. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah untuk menguatkan fondasi literasi digital pada siswa Paket B dan Paket C melalui pelatihan penggunaan Google, memeriksa kebenaran suatu berita, membuat konten digital berupa teks, audio serta video, dan membagikan berita dan atau konten yang telah dibuat secara bertanggung jawab. Pelatihan ini diikuti oleh sepuluh siswa. Pada saat pelatihan siswa mempraktikkan langsung apa yang didemonstrasikan oleh tim pengabdi sehingga terjadi komunikasi dua arah. Selama pelatihan peserta antusias bertanya. Setelah pelatihan berakhir, tim pengabdi melakukan evaluasi dan menerima umpan balik dari kegiatan pengabdian. Hasil evaluasi mengindikasikan bahwa dari semua peserta yang mengikuti pelatihan 93% mengatakan pelatihan yang telah dilakukan mampu menambah literasi digital terutama dalam membuat dan membagikan konten.
Kata kunci : pendidikan kesetaraan belajar masyarakat, literasi, literasi digital, revolusi industri keempat, kecerdasan digital
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Anthonysamy, L., Koo, A.C. and Hew, S.H. (2020). Self-regulated Learning Strategies in Higher Education: Fostering Digital Literacy for Sustainable Lifelong Learning. Education and Information Technologies, Vol. 25, 2393–2414.
Atmazaki, Ali, N.B.V., Muldian, W., Mifahussururi, Hanifah, N., Nento, M.N. and Akbari, Q.S. (2017) Panduan Gerakan Literasi Nasional. [Online]. Available at: https://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/wp-content/uploads/2017/08/panduan-gln.pdf (Accessed: 7 Desember 2019).
Baron, R.J. (2021). Digital Literacy. In The International Encyclopedia of Media Literacy (eds R. Hobbs and P. Mihailidis). https://doi.org/10.1002/9781118978238.ieml0053.
Buckingham, D. (2020). Epilogue: Rethinking Digital Literacy: Media Education in the Age of Digital Capitalism, Digital Education Review. Vol. 37, pp. 230-239.
Falloon, G. (2020). From Digital Literacy to Digital Competence: the Teacher Digital Competency (TDC) Framework, Education Tech Research Dev, Vol. 68, pp.2449-2472.
Lange, P.G. (2018). Informal Learning on YouTube. In The International Encyclopedia of Media Literacy (eds R. Hobbs and P. Mihailidis), https://doi.org/10.1002/9781118978238.ieml0090.
Machin-Mastromatteo, J. D. (2021). Information and Digital Literacy Initiatives, Information Development. Vol. 37: 3, pp. 329-333.
Nasrullah, R., Aditya, W., Satya P, T.I., Nento, M.N., Hanifah, N., Mifahussururi and Akbari, Q.S. (2017) Materi Pendukung Literasi Digital. [Online]. Available at: https://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/wp-content/uploads/2017/08/panduan-gln.pdf (Accessed: 7 Desember 2019).
Park, Y. 2019. DQ Global Standards Report 2019: Common Framework for Digital Literacy, Skills and Readiness DQ Institute. [Online]. Available at https://www.dqinstitute.org/wp-content/uploads/2019/03/DQGlobalStandardsReport2019.pdf (Accessed on 7 Desember 2019)
Park, H., Kim, H.S., and Park, H.W. (2021). A Scientometric Study of Digital Literacy, ICT Literacy, Information Literacy, and Media literacy, Journal of Data and Information Science, Vol. 6: 2, pp. 116–138.
Schwab, K. (2016). The Fourth Industrial Revolution. New York: Crown Business.
UNESCO (2018). A Global Framework of Reference on Digital Literacy Skills for Indicator 4.4.2. UNESCO Institute for Statistics.
Walker, V., Bowkett, G. and Duchaine, I. (2018). All Companies Are Technology Companies: Preparing Canadians with the Skills for a Digital Future. Canadian Public Policy. Vol. 44, pp. S153-S158.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.