PENYULUHAN MENGENAI ASPEK-ASPEK HUKUM KEGIATAN USAHA LEMBAGA PERKREDITAN DESA (LPD) DI DESA SINGAKERTA UBUD KABUPATEN GIANYAR

  • P. Yogantara Fakultas Hukum Universitas Udayana
  • R.A.R Murni Fakultas Hukum Universitas Udayana
  • P.S. Sumadi Fakultas Hukum Universitas Udayana
  • D.G. Rudy Fakultas Hukum Universitas Udayana
  • I.K. Westra Fakultas Hukum Universitas Udayana
  • I. M. Sarjana Fakultas Hukum Universitas Udayana
  • Marwanto - Fakultas Hukum Universitas Udayana
  • I. M. D. Priyanto Fakultas Hukum Universitas Udayana
  • P. D. Y. Utami Fakultas Hukum Universitas Udayana
  • I D. A. D. Mayasari Fakultas Hukum Universitas Udayana

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pemahaman bagi para pengelola Lembaga Perkreditan Desa (LPD) mengenai aspek-aspek hukum dalam menjalankan kegiatan usaha khususnya dalam pemberian kredit kepada masyarakat, sehingga dapat mewujudkan pengelolaan LPD yang baik serta mampu menyelesaikan permasalahan-permasalahan hukum yang dihadapi. Metode yang digunakan dalam melaksanakan kegiatan ini adalah metode penyuluhan atau ceramah yang dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab secara mendalam. Hasil dari kegiatan penyuluhan hukm ini menunjukkan bahwa kegiatan ini cukup berhasil dilakukan. Hal ini dapat dilihat dari kehadiran seluruh pengurus beserta staf LPD Desa Singakerta dalam kegiatan penyuluhan hukum ini. Para pengurus dan staf pada umumnya masih kurang memahami mengenai aspek-aspek hukum dalam kegiatan usaha LPD, khususnya mengenai aspek hukum jaminan dalam penyaluran kredit kepada masyarakat. Permasalahan hukum yang umumnya dihadapi oleh pihak LPD Singakerta Ubud adalah permasalahan yang berkaitan dengan penyelesaian kredit macet, tata cara eksekusi jaminan dan aspek hukum mengenai keamanan simpanan masyarakat di LPD. Kegiatan ini dilakukan dengan diskusi dan tanya jawab secara mendalam dan terperinci, sehingga sasaran kegiatan ini dapat tercapai dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Nyoman Nurjaya, dkk. (2011). Landasan Teoritik Pengaturan LPD Sebagai Lembaga Keuangan Komunitas Masyarakat Hukum Adat Di Bali. Denpasar: Udayana University Press.
Adnyana, D. P., & Sudantra, I. K. (2020). Kepastian Hukum mengenai Penjamin Simpanan bagi Nasabah pada Lembaga Perkreditan Desa di Bali. Jurnal Magister Hukum Udayana (Udayana Master Law Journal), 9(4), 872-887.
Kitab Undang-Undang Hukum Perdata
Undang-Undang No. 4 Tahun 1996 tentang Hak Tanggungan
Undang-Undang No. 42 Tahun 1999 tentang Jaminan Fidusia
Peraturan Daerah Provinsi Bali Nomor 4 Tahun 2019 Tentang Desa Adat di Bali.
Peraturan Daerah Provinsi Bali Nomor 3 Tahun 2017 Tentang Lembaga Perkreditan Desa.
Published
2022-06-02
How to Cite
YOGANTARA, P. et al. PENYULUHAN MENGENAI ASPEK-ASPEK HUKUM KEGIATAN USAHA LEMBAGA PERKREDITAN DESA (LPD) DI DESA SINGAKERTA UBUD KABUPATEN GIANYAR. Buletin Udayana Mengabdi, [S.l.], v. 21, n. 2, p. 152-157, june 2022. ISSN 2654-9964. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jum/article/view/78670>. Date accessed: 16 aug. 2022.