PENDAMPINGAN PEMBELAJARAN DARING BERBASIS SINKRON DAN ASINKRON MAYA BAGI GURU-GURU SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN KABUPATEN TABANAN
Abstrak
Perkembangan teknologi yang semakin pesat dan hampir menyentuh berbagai bidang kehidupan, tidak terkecuali pada bidang pendidikan. Dampak yang paling terlihat dalam bidang pendidikan adalah pada kondisi pademi Covid-19 yang sampai saat ini proses pembelajaran masih dilakukan secara daring. Demikian pula proses pembelajaran di SMK Pariwisata Margaranan Tabanan saat ini lebih banyak melalui WA groups. Penggunaan dan pemanfaatan teknologi menjadi hal yang sangat penting sebagai media pembelajaran pada pandemi Covid-19. Model pembelajaran sinkron dan asinkron merupakan model pembelajaran yang dilakukan secara online dengan memanfaatkan teknologi jaringan internet sehingga proses pembelajaran tetap dapat dikemas secara efektif dan inovatif. Dalam pengabdian ini akan dilakukan pelatihan dan pendampingan para guru untuk melaksanakan pembelajaran secara sinkron dan asinkron maya dengan pemanfaatan aplikasi Google (Google Meet, Google Classroom, Google Form) dan Edmodo. Pelatihan dilakukan kepada 20 guru. Berdasarkan pelatihan yang sudah dilakukan proses pembelajaran daring berbasis sinkron dan asinkron maya telah berhasil dilaksanakan dengan baik dan sebagian besar peserta mampu dan siap mengimplementasikan pembelajaran daring dengan aplikasi-aplikasi online yang sudah diajarkan.
Kata kunci : Pelatihan, Teknologi, Sekolah Menengah Kejuruan, Daring, Guru
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Gunawan, F.I. dan Sunarman, S.G. (2018), Pengembangan Kelas Virtual Dengan Google Classroom Dalam Keterampilan Pemecahan Masalah (Problem Solving) Topik Vektor Pada Peserta didik SMK Untuk Mendukung Pembelajaran. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia, 340-348.
Hakim, A.B. (2016), Efektifitas Penggunaan E-Learning Moodle, Google Classroom Dan Edmodo. Information System and Technology Management (I-STATEMENT), Vol.2 : No.1, 1-6.
Hanum, N.S. (2013), “Keefetifan E-Learning sebagai Media Pembelajaran (Studi Evaluasi Model Pembelajaran E-Learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto)”. Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol.3 : No.1, 90-102
Maharani, N. dan Kartini. K. S. (2019), Penggunaan google classroom sebagai pengembangan kelas virtual dalam keterampilan pemecahan masalah topik kinematika pada mahasiswa jurusan sistem komputer, PENDIPA Jurnal of Science Education, Vol.3: No.3, 167:173.
Mardiana, T. dan Purnanto A. W. (2017), Google Form Sebagai Alternatif Pembuatan Latihan Soal Evaluasi. The 6th University Research Colloquium, Vol VI. 183-188.
Mariam, P. dan Hidayat, A. (2019), Pendampingan Guru Menggunakan Edmodo Dalam Pembelajaran, Jurnal Pengabdian Tri Bhakti, Vol. 1: No.1, 10-16.
Muliantara, A, Widiartha, I. M dan Suputra, I. G. H. (2016), Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar Berbasis Animasi Bagi Guru-Guru sebagai Penunjang Proses Penggunaan E-Learning di Sekolah. Jurnal Ilmu Komputer, Vol. IX: No.2, 41-46.
Rahadi, D. R. (2014a). Pengukuran Usability Sistem Menggunakan Use Questionnaire Pada Aplikasi Android. Jurnal Sistem Informasi (JSI)
Sawitri, D. (2020), Penggunaan Google Meet Untuk Work From Home Di Era Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19), Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol.2 : No.1, 13:21

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.