PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM DETEKSI DINI KEHAMILAN RISIKO TINGGI PADA KELOMPOK IBU HAMIL DAN PENUNGGU PASIEN RS SANJIWANI

  • A.A. Raka Budayasa Program Studi Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Universitas Warmadewa
  • Dewa Made Sadguna Program Studi Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Universitas Warmadewa
  • DAP Niti Widari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Warmadewa
  • DAP Sri Masyeni Universitas Warmadewa

Abstract

Kehamilan risiko tinggi adalah kehamilan yang harus dideteksi sejak dini karena dapat menimbulkan terjadinya bahaya atau komplikasi baik terhadap ibu ataupun janin. Kompilkasi dapat terjadi selama kehamilan, pada masa persalinan atau masa nifas. Keadaan ini dapat terjadi sebagai akibat atau komplikasi dari kehamilan atau disebabkan oleh suatu kondisi yang dimiliki ibu dari sebelum hamil. Kehamilan risiko tinggi merupakan penyebab terbanyak kematian pada ibu hamil. Oleh karena itu untuk mengurangi bahaya atau komplikasi akibat kehamilan risiko timggi, pengabdian ini bertujuan untuk membantu ibu hamil beserta penunggu pasien untuk dapat mengenali tanda-tanda kehamilan risiko tinggi sehingga angka kesakita dan kematian untuk ibu hamil dan jani dapat diturunkan.


Kegiatan diawali dengan sosialisasi serta koordinasi dengan kelompok mitra, focus group discussion serta pelaksanaan kegiatan kemiteraan kepada masyarakat (PKM). Kegiatan PKM diawali dengan pre-test untuk mengukur tingkat pengetahuan ibu dan penunggu pasien, lalu penyuluhan mengenai kehamilan risiko tinggi dengan pamphlet, serta video. Pada akhir pelaksanaan PKM dilaksanakan post-test untuk mengetahui peningkatan pengetahuan mitra. Output serta outcome PKM dievaluasi dari peningkatan pengetahuan mitra, kedatangan ibu dalam perawatan ante natalcare serta penurunan komplikasi akibat kehamilan risiko tinggi. Peningkatan pengetahuan mitra ditemukan sebesar 90% dalam pengenalan gejala kehamilan risiko tinggi, dan frekuensi antenatal care. Evalausi keberhasilan PKM akan dilaksanakan dari penurunan kasus kehamilan risiko tinggi serta penurunan kesakitan dan kematian ibu hamil.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azizi A. The prevalence of the causes of high-risk pregnancies in pregnant women of Sonqor city,
2011.(2015) Iranian J of Obstetric, Gyn, Infertil;18(153):10-9
Farajnehd et al. (2018). Prevalence high risk pregnancy and some relevant factors in reffered
women to health centers. J Sci Achievement;2(12):4-7
Holness H. (2018). High-risk pregnancy. Nurs Clin North Am; 53(2):241-251
Kurniawan et al. (2017). Early detection of high-risk pregnancy. Jurnal Kesehatan
Masyarakat;12(2):96-103
Pasdar Y, Heidari N, Safari Y, Safari Faramani R, Izadi N, Jamshidpour M, et al. (2012)
Prevalence of some risk factors in pregnant women. Iranian J Obst Gyn Infertl;15:21
Published
2021-11-26
How to Cite
BUDAYASA, A.A. Raka et al. PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM DETEKSI DINI KEHAMILAN RISIKO TINGGI PADA KELOMPOK IBU HAMIL DAN PENUNGGU PASIEN RS SANJIWANI. Buletin Udayana Mengabdi, [S.l.], v. 20, n. 2, p. 168-172, nov. 2021. ISSN 2654-9964. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jum/article/view/76865>. Date accessed: 28 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/BUM.2021.v20.i02.p12.