DISEMINASI TEKNOLOGI FERMENTASI URIN MENGGUNAKAN MIKROORGANISME LOKAL (MoL) SEBAGAI DEKOMPOSER ALAMI

  • M. I. Said Fakultas Peternakan Universitas Hasanuddin
  • Amran Amran Departemen Matematika, Fakultas MIPA, Universitas Hasanuddin
  • F. N. Yuliati Departemen Produksi Ternak, Fakultas Peternakan Universitas Hasanuddin

Abstract

Meningkatnya penggunaan pupuk kimia khususnya di daerah pedesaan berpengaruh sangat besar terhadap hasil produksi pertanian.  Pemanfaatan limbah ternak (urin) sebagai bahan baku pupuk organik cair (POC) berpotensi mensubtitusi penggunaan pupuk kimia. Permasalahan mendasar yang terjadi bahwa ketersediaan mikroorganisme dalam bentuk dekomposer komersial dalam proses produksi POC menjadi semakin mahal dan sulit untuk diperoleh.  Tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan mitra petani/peternak dalam mengembangkan proses produksi POC dengan memanfaatkan limbah ternak sapi (urin) sebagai bahan baku.  Selain itu untuk meningkatkan kemampuan mitra dalam memproduksi mikroorganisme lokal (MoL) dari bahan alam.  Kegiatan ini telah dilaksanakan di Desa Barebbo, Kec. Barebbo, Kab.Bone.  Kelompok mitra yang terlibat adalah kelompok tani-ternak “Mase-mase”.  Beberapa paket teknologi yang telah didiseminasikan antara lain : 1) teknologi pengolahan urin menjadi POC, 2) teknologi pembuatan mikroorganisme lokal (MoL) menggunakan bahan alam, 3) aplikasi analisis regresi dan fungsi Coub Douglass untuk mengoptimalisasi keuntungan pada usaha peternakan sapi pedaging.  Metode pelaksanaan kegiatan menggunakan metode pelatihan dalam bentuk tatap muka langsung (luring) dan praktek langsung.  Selanjutnya dilakukan proses pendampingan teknologi dan monitoring.  Evaluasi pelaksanaan kegiatan menunjukkan bahwa aplikasi teknologi memberikan dampak yang sangat signifikan bagi kapasitas mitra.  Proses produksi urin menjadi POC mampu menurunkan jumlah limbah cair usaha ternak sapi yang berdanpak langsung pada perbaikan lingkungan.       

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adriani, A dan A. Novra (2017), Peningkatan Kualitas Biourin Dari Ternak Sapi Yang Mendapat Perlakuan Trychoderma harzianum, Jurnal Ilmu-Ilmu Peternakan. 20(4), pp.77-84.
Anggara, A., W.E. Murdiono dan T. Islami (2016), Pengaruh Pemberian Biourin dan Pupuk Anorganik terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Buncis (Phaseolus vulgaris L.), Jurnal Produksi Tanaman. 4(5), pp.385-391.
Arumingtiyas, W.I., S. Fajriani dan M. Santosa (2014), Pengaruh Aplikasi Biourin Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Padi, Jurnal Produksi Tanaman. 2(8), pp. 620 – 628.
Hadi, R.A (2019), Pemanfaatan Mol (Mikroorganisme Lokal) dari Materi Yang Tersedia Di Sekitar Lingkungan, Agriscience. 9(1), pp.93-104.
Inrianti, S. Tuhuteru dan S. Paling (2019), Pembuatan Mikroorganisme Lokal Bonggol Pisang pada Kelompok Tani Tunas Harapan Distrik Walelagama, Jayawijaya, Papua, Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat. 5(3), pp.188-194.
Kementerian Pertanian RI (2020), Statistik Peternakan dan Kesehatan Hewan. Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan. Kementerian Pertanian RI, Jakarta.
Kurniawan, A (2018), Produksi Mol (Mikroorganisme Lokal) dengan Pemanfaatan Bahan-Bahan Organik yang Ada Di Sekitar, Jurnal Hexagro. 2(2), pp.36-44.
Maslahah, I.N (2017), Isolasi dan Karakterisasi Bakteri Pemacu Pertumbuhan Tanaman dari Biourin. Skripsi, Departemen Biologi. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Institut Pertanian Bogor, Bogor
Murti, B.W., M. Baskara dan M. Santosa (2016), Pengaruh Biourin dan Jenis Pupuk Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Pak Choy (Brassica chinensis L.), Jurnal Produksi Tanaman. 4(8), pp.647-653
Rohani, S.N. Sirajuddin, M.I. Said, M.Z. Mide dan Nurhapsa (2016), Model Pemanfaatan Urine Sapi Sebagai Pupuk Organik Cair Kecamatan Libureng Kabupaten Bone, Panrita Abdi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 1(1), pp.11-15.
Said, M.I (2014), By Product Ternak. Teknologi dan Aplikasinya, IPB Press, Bogor.
Said, M.I (2021), Bunga Rampai Teknologi Tepat Guna Bidang Peternakan. Fakultas Peternakan Universitas Hasanuddin, Makassar.
Santosa, M (2006), Aplikasi Biokultur untuk Peningkatan Produksi Pertanian di Kabupaten Ponorogo. Laporan demplot Oktober 2005 ± Maret 2006. Kerjasama dengan PT Nusindo (Perusahaan Produk BPT Biotani Agitek).
Soniari, N. Nengah, Budiyani, N. Komang dan S.N.W. Sri (2016), Analisis Kualitas Larutan Mikroorganisme Lokal (MOL) Bonggol Pisang, E-Jurnal Agroekoteknologi Tropika. 6(1), pp.63-72.
Published
2021-10-05
How to Cite
SAID, M. I.; AMRAN, Amran; YULIATI, F. N.. DISEMINASI TEKNOLOGI FERMENTASI URIN MENGGUNAKAN MIKROORGANISME LOKAL (MoL) SEBAGAI DEKOMPOSER ALAMI. Buletin Udayana Mengabdi, [S.l.], v. 20, n. 2, p. 129-135, oct. 2021. ISSN 2654-9964. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jum/article/view/75173>. Date accessed: 24 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/BUM.2021.v20.i02.p07.