PENGOLAHAN TEPUNG MOCAF MENJADI ANEKA OLAHAN PANGANAN PEMPEK DAN CIRENG DI DESA PASAREAN, KECAMATAN PAMIJAHAN, KABUPATEN BOGOR

  • Timbul Rasoki
  • Lina Asnamawati
  • Stefani Nawati Ekoresti
  • Ana Nurmalia

Abstract

Desa Pasarean, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor merupakan sebuah desa mayoritas penduduknya terdiri dari kalangan masyarakat kelas menengah ke bawah yang mana lahan mayoritas memiliki tegal biasanya cocoknya ditanami ubi kayu. Apabila ubi kayu dijual dalam bentuk segar, hanya memilikiharga jual yaitu antara Rp2000,- sampai dengan Rp4000,- perkilonya. Masyarakat kurang memaksimalkan hasil olahan singkong karena keterbatasan pengetahuan, ketrampilan dan sarana produksi. Dengan adanya kondisi, potensi, dan juga kendala yang dihadapi oleh masyarakat, maka tim pengabdian tergerak untuk melakukan kegiatan yang bertujuan untuk mengenalkan pengolahan tepung mocaf menjadi aneka olahan panganan pempek dan cireng Di Desa Pasarean, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor. Metode penyampaian materi pembelajaran dengan menggunakan pendekatan pembelajaran partisipatif dari pengolahan tepung mocaf hingga diversifikasi olahannya seperti pempek dan cireng. Hasilnya 30 peserta yang terdiri atas wanita putus sekolah dariĀ  desa Pasarean dapat mengikuti pelatihan dan membuat aneka olahan makanan yang berasal dari olahan tepung mocaf menjadi panganan cireng dan pempek serta pelatihan kewirausahaan lain seperti manajemen operasional, pelatihan penentuan harga pokok penjualan (HPP), pelatihan digital marketing dan sosial media yang belum pernah diterima sebelumnya dan melalui pelatihan ini mitra dibimbing bagaimana memanfaatkan sosial media sebagai wadah promosi produknya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andri Apriyanto (2009) Break Efent Point (BEP). Diakses tanggal 3 Januari 2010.
Arep, Ishak dan Hendri Tanjung. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Universitas Trisakti.
Badan Bimas Ketahanan Pangan (2004) Model Pemberdayaan Masyarakat untuk Mewujudkan Ketahanan Pangan. Departemen Pertanian. Jakarta.
Handayani, Sugiharti Mulya dan Sundari, Mei Tri (2015) Pemberdayaan Wanita Tani Melalui Pembuatan Keripik Belut Daun Singkong di Kecamatan Jumantono, Kabupaten Karanganyar. Jurnal DIANMAS. Universitas Negeri Surakarta. Solo. Wikipedia. 2015. Ketela Pohon. Singkong jadi 13 Produk Turunan. Dalam artikel NATIONAL GEOGRAPHIC INDONESIA.
Heizer, J. And Render, B. (2015). Manajemen Operasi: Manajemen Keberlangsungan dan Rantai Pasokan (11 th ed). Jakarta : Salemba Empat.
Heriyanto, I Fendy (2018) Analisa Fungsi Manajemen Operasional PT. Cahaya Baru Abadi Jaya. Jurnal AGORA Vol. 6, No. 2.
Janitra, P.A., Prihandini, P., Aristi, N (2021). Pemanfaatan Media Digital Dalam Pengelolaan Kesehatan Mental Remaja Di Era Pandemi. Buletin Udayana Mengabdi Volume 20 nomor 1, Januari 2021.
Kirkpatrick, Donald.L (1998) Evaluating Training Program: Second Edition.BerretKoehler Publisher Inc.
Mangkuprawira S (2004) Manajemen Mutu Sumberdaya Manusia. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Muchtadi, T. R. dan Sugiyono. 1992. Ilmu Pengetahuan Bahan Pangan. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi. Pusat Antar Universitas. Institut Pertanian Bogor. Bogor.
Notoatmodjo , S ( 2010) Ilmu Perilaku Kesehatan.. Penerbit Rineka Cipta. Jakarta.
Rivai, Veithzal (2006) Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan : dari Teori Ke Praktik, Edisi Pertama, Penerbit PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Published
2021-12-10
How to Cite
RASOKI, Timbul et al. PENGOLAHAN TEPUNG MOCAF MENJADI ANEKA OLAHAN PANGANAN PEMPEK DAN CIRENG DI DESA PASAREAN, KECAMATAN PAMIJAHAN, KABUPATEN BOGOR. Buletin Udayana Mengabdi, [S.l.], v. 20, n. 2, p. 183-188, dec. 2021. ISSN 2654-9964. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jum/article/view/74631>. Date accessed: 29 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/BUM.2021.v20.i02.p15.