KAMPUNG SABBETA’: DESA WISATA PENGELOLA ULAT SUTRA TERINTEGRASI DAN RAMAH LINGKUNGAN

  • A. D. Yunianti Fakultas Kehutanan, Universitas Hasanuddin
  • S. Nuraeni Fakultas Kehutanan, Universitas Hasanuddin
  • A. C. Malina Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan, Universitas Hasanuddin
  • Suhasman Suhasman Fakultas Kehutanan, Universitas Hasanuddin

Abstract

Kampung Sabbeta’ di Desa Pising, Kecamatan Donri-donri, Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan merupakan sentra pengembangan sutra yang memiliki beberapa kelompok masyarakat pengrajin sutra yang aktif menghasilkan benang sutra.  Sekalipun demikian, produktivitas kelompok masyarakat sangat rendah. Benang sutra hasil produk unggulan mereka masih berkualitas rendah. Keterampilan menenun juga sangat terbatas. Selain itu, pemanfaatan limbah khususnya daun murbei yang masih belum tertangani dengan baik. Bentuk kegiatan yang kami lakukan adalah transfer ilmu pengetahuan dan teknologi guna meningkatkan produktifitas masyarakat, strategi pemasaran untuk meningkatkan daya saing produk serta cara pemanfaatan limbah. Hasil transfer ilmu pengetahuan dan teknologi melalui FGD, pelatihan dan praktek di lapangan, disambut dengan apresiasi yang tinggi oleh masyarakat setempat. Pengetahuan terkait pemasaran, pemintalan benang sutra, eco-print dan budidaya jamur dengan media limbah daun murbei telah diberikan.  Khusus pengembangan eco-print di kain sutra ini telah berhasil dengan baik, produk mereka telah beraneka macam, bahkan telah menjadi salah satu souvenir dari Kampung Sabbeta.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andadari, L dan Kuntadi. (2014). Perbandingan Hibrid Ulat Sutera (Bombyx mori L.) asal Cina dengan Hibrid Lokal di Sulawesi Selatan. Jurnal Penelitian Hutan Tanaman. Vol. 11(3).
Berita Kota Makassar. (2018). Kepala Balitbangda Sambangi kampong Sutera di Soppeng. Beritakotamakassar.fajar.co.id [Diakses tanggal 31 Agustus 2018].
Yunianti, A.D., S. Nuraeni, A, C, Milana, S, Suhasman. (2020). SENTRA PENGEMBANGAN SUTERA, DESA PISING, KABUPATEN SOPPENG. Jurnal Dinamika Pembangunan. Vol. 5(2):152-161.
Published
2021-02-01
How to Cite
YUNIANTI, A. D. et al. KAMPUNG SABBETA’: DESA WISATA PENGELOLA ULAT SUTRA TERINTEGRASI DAN RAMAH LINGKUNGAN. Buletin Udayana Mengabdi, [S.l.], v. 20, n. 1, p. 13-17, feb. 2021. ISSN 2654-9964. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jum/article/view/67902>. Date accessed: 23 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/BUM.2021.v20.i01.p03.