PROGRAM PELATIHAN PUBLIC SPEAKER FOR L[Y]FE BAGI PENGEMBANGAN DIRI ENTREPRENEUR
Abstract
Kemampuan public speaking saat ini menjadi kebutuhan yang tidak terelakkan dalam kehidupan sehari-hari, apalagi bagi orang yang ingin berwirausaha. Maka dari itu Fakultas Ilmu Komunikasi dan Bisnis Media (FIKOM) Universitas Ciputra Surabaya, melaksanakan program pelatihan bertajuk “Public Speaker for L[y]fe”, yang memberikan pembekalan berbicara di depan publik terutama di ranah bisnis. Program ini telah dijalankan bersama salah satu mitra yaitu SMA Citra Berkat untuk mendorong siswa-siswanya berani berwirausaha sejak dini. Materi pelatihan terdiri atas 3 topik besar, yaitu Self-identification, Power Presentation, dan Public Speaking. Materi tersebut diberikan dalam 12 kali pertemuan dengan metode ceramah, diskusi, dan praktik langsung oleh siswa. Hasil dari program pelatihan ini adalah peserta kegiatan mendapatkan pengetahuan dan keterampilan baru dalam berbicara di depan publik, yang dapat mereka praktikkan secara langsung. Siswa diberikan bekal untuk dapat mempresentasikan produk-produk mereka, baik dalam rangka penjualan produk maupun untuk menarik investor. Kegiatan ini telah berlangsung dengan baik dan dirasa bermanfaat oleh peserta, dimana ilmu yang didapatkan bisa dipergunakan dalam kegiatan wirausaha mereka.
Kata kunci: Public Speaking, Entrepreneurship , Wirausaha, Presentasi
Downloads
References
Frinces, Z. H. (2010). Pentingnya Profesi Wirausaha di Indonesia. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 7 (1), 34-57.
Rani, M. S., & Teguh, M. (2016). Analisis Implementasi Kewirausahaan Sosial Dalam Program Klinik Sungai Universitas Ciputra. Buletin Bisnis dan Manajemen, 2 (2), 59-66.
Santosa, I. (2014). Masalah Dan Tantangan Pengembangan Kewirausahaan Pada Kalangan Mahasiswa di Indonesia. Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan, 203-207.
Swastika, G. L. (2020, Mei 12). Fakultas Ilmu Komunikasi. Diambil dari https://www.uc.ac.id/fikom/: https://www.uc.ac.id/fikom/copywriting-cara-menyampaikan-pesan/.
Wahjudono, D. B., Murwani, F. D., Satrya, D. G., & Aji, I. D. (2019). Determining Factors of Student’s Entrepreneurial Intention in Indonesia: A Meta-Analysis. Jurnal Aplikasi Manajemen, 17 (3), 471-478.
West, R., & Turner, L. H. (2010). Introducing Communication Theory: Analysis and Application. New York: McGraw-Hill.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.