KEGIATAN MENANAM TANAMAN UPAKARA UNTUK MENUNJANG WISATA RELEGI DI PURA TAMBAWARAS TABANAN

  • Ni Made Witariadi Program Studi Peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Udayana
  • Tati Budi Kusmiyarti Program Studi Agroekoteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Udayana
  • I Made Adhika Program Studi Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
  • I Nyoman Sujana Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia dan Daerah, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, Universitas Dwijendra

Abstract

Tujuan kegiatan ini untuk menciptakan destinasi wisata religi melalui penataan kawasan pura Tambawaras dengan arboretum tanaman upakara. Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan dari Program Kemitraan Wilayah (PKW) Desa  Sangketan Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan. Metode yang diterapkan untuk mencapai tujuan tersebut adalah melalui pendekatan, yaitu: (1) Model analisis kebutuhan, yaitu kegiatan yang dilakukan sesuai dengan kebutuhan masyarakat; (2) Model Partisipatory Rural Appraisal (PRA), yaitu dengan melibatkan masyarakat dalam berbagai aspek mulai dari perencanaan, pelaksanaaan hingga evaluasi; (3) model Entrepreneurship Capacity Building (ECB), yaitu meningkatkan kapasitas masyarakat berwirausaha; (4) model Teknologi Transfer (TT), yaitu aplikasi teknologi tepat gunadan (5) model Informasi Teknologi (IT), yaitu memanfaatkan teknologi informasi dalam pemasaran. Kegiatan yang dilakukan meliputi: sosialisasi, koordinasi, penetapan target sasaran, penataan landscape pura Tambawaras dan penanaman tanaman upakara sebagai daya tarik wisata religi yang dilengkapi dengan koleksi tanaman upakara. Hasil penataan kawasan pura Tamba Waras sebagai daya tarik wisata religi, yaitu  penyusunan  desain  taman yang berisi tentang koleksi taman berisikan  tanaman upakara sesuai  desain yang telah dibuat. Dapat disimpulkan melalui kegiatan pengabdian ini diharapkan kawasan pura Tambawaras  menjadi pusat arboretum tanaman upakara untuk mendukung destinasi wisata religi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-12-10
How to Cite
WITARIADI, Ni Made et al. KEGIATAN MENANAM TANAMAN UPAKARA UNTUK MENUNJANG WISATA RELEGI DI PURA TAMBAWARAS TABANAN. Buletin Udayana Mengabdi, [S.l.], v. 20, n. 2, p. 178-182, dec. 2021. ISSN 2654-9964. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jum/article/view/64747>. Date accessed: 27 may 2024. doi: https://doi.org/10.24843/BUM.2021.v20.i02.p14.