IMPLEMENTASI SILASE JERAMI JAGUNG MENGGUNAKAN DEKOMPOSER RICE MOL UNTUK PENINGKATAN PRODUKTIVITAS SAPI DI KABUPATEN TAKALAR

  • Renny Fatmyah Utamy Universitas Hasanuddin

Abstract

Masalah yang dihadapi peternak sapi di desa Tanrara, yaitu susah mencarikan pakan sapinya, tidak mempunyai tempat penggembalaan khusus, sementara pengolahan sawah sangat intensif ditanami padi sawah satu kali, kemudian ditanami jagung dua kali dalam setahun sehingga hanya enam hari saja lahan sawah tanpa tanaman. Limbah jerami jagung ini merupakan suatu alternative pakan yang menjanjikan. Tujuan kegiatan adalah memberi inovasi teknologi kepada peternak, dalam mengolah limbah jerami jagung menjadi silase. Silase jerami jagung yang bahan bakunya melimpah di Takalar merupakan peluang untuk meningkatkan populasi dan kualitas sapi potong. Metode yang digunakan adalah metode participatory technology developmentyang diawali dengan identifikasi potensi, permasalahan, dan kebutuhan peternak mitra secara partisipatif. Hasil pelaksanaan kegiatan adalah a). Simulasi pembuatan rice MOL. Sisa nasi putih 250 g yang dilapisi kain katun putih ditempatkan dalam wadah yang diberi tanah, kemudian ditutup dan disimpan ditempat berteduh selama 21 hari, untuk membiakkan mikro organisme lokal. b). Pembuatan Silase Jerami Jagung. Jerami jagung dicincang dengan 4 cmm, kemudian di campur dengan dedak halus baru disemprot dengan Rice MOL, lalu dimasukkan dalam drum plastic dan dalam jangka 3 pekan sudah bisa digunakan untuk pakan. Kesimpulan, hasil evaluasi secara partisipatif akan menjadi rekomendasi penerapan teknologi ramah lingkungan di kawasan peternakan kelompok mitra.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Baba, S., A. Muktiani, A. Ako., M.I. Dagong. 2011. Keragaman dan Kebutuhan Teknologi Peternak Sapi Perah di Kabupaten Enrekang. Med. Pet. Vol. 34 No.2:146-154.

Hagman, J., E. Chuma, K. Murwira and M. Connoly. 2000. Learning Together Through Participatory Extension: A Guide to an Approach Developed in Zimbabwe, Departement of Agricultural Technical & Extension Services (AGRITEX) Zimbabwe, Harare.

Mikkelsen, B. 2003. Metode Penelitian Partisipatoris dan Upaya-Upaya Pemberdayaan. Sebuah Buku Pegangan bagi Para Praktisi Lapangan. Terjemahan: M. Nalle. Yayasan Obor Indonesia, Jakarta.

Nurhayati, A. dan Sariubang, M., 2016. Pengaruh Pemberian Silase Jerami Jagung dan Konsentrat Pakan Murah Terhadap Kondisi Tubuh Induk Sapi Potong di Kabupaten Pinrang Sulawesi Selatan. Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Sulawesi Selatan. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Teknologi Pertanian.

Rogers, E.M. 2003. Diffusion of Innovations. Fifth Ed., New York Press, New York.
Published
2020-11-30
How to Cite
UTAMY, Renny Fatmyah. IMPLEMENTASI SILASE JERAMI JAGUNG MENGGUNAKAN DEKOMPOSER RICE MOL UNTUK PENINGKATAN PRODUKTIVITAS SAPI DI KABUPATEN TAKALAR. Buletin Udayana Mengabdi, [S.l.], v. 19, n. 4, p. 432-437, nov. 2020. ISSN 2654-9964. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jum/article/view/64022>. Date accessed: 26 apr. 2024.