PELATIHAN PENGADAAN DAN PENGAWETAN BAHAN PRAKTIKUM BIOLOGI UNTUK GURU SMP BIDANG IPA DI KECAMATAN KUBUTAMBAHAN KABUPATEN BULELENG

  • Intan Wiratmini

Abstract

Kendala yang dihadapi dalam mengajar IPA khususnya Biologi adalah tidak tersedianya bahan-bahan praktikum terutama untuk anatomi hewan. Selain karena membutuhkan biaya yang tidak sedikit, pengetahuan untuk menyiapkan bahan praktikum yang murah dan efisien belum dikuasai. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah memberikan pelatihan/praktikum langsung kepada guru-guru SMP bidang IPA di Kecamatan Kubutambahan Kabupaten Buleleng tentang cara membedah anatomi   hewan coba (mamalia), pembuatan herbarium, insektarium dan pengawetannya sehingga bahan-bahan praktikum tersebut selalu tersedia di laboratorium. Metode pengabdian yang digunakan adalah PRA (Participatory Rural Apraisal), pelaksanaan pelatihan dilakukan dengan ceramah, praktikum dan evaluasi. Kegiatan pelatihan dilaksanakan di SMPN1 Kubutambahan dengan jumlah peserta 28 orang guru bidang IPA dari 7 SMPN di Kecamatan Kubutambahan. Hasil akhir dari kegiatan  pengabdian menghasilkan beberapa produk, antara lain herbrium, insektarium dan awetan basah hewan mamalia (mencit jantan dan betina)

Downloads

Download data is not yet available.

References

Miarso, Yusufhadi. (2011), Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta. Prenada Media Group.
Kertiasih, N.L.P (2016), Peranan Laboratorium Pendidikan untuk Menunjang proses perkuliahan Jurusan Keperawatan Gigi Poltekes Denpasar. J. Kesehatan Gigi. Vol. 4 (2), pp 59-66.
Primiani, C.N dan Susianingsih, M.D. (2010), Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Biologi Melalui Pendekatan Kontekstual dengan Media Herbarium dan Insektarium. J. Penelitian Pendidikan. Vol. 13 (1), pp 55-60
Purwanti, (2012), Herbarium.
http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pendidikan/Purwanti%20Widhy%20Hastuti,%20S.Pd.,%20M.Pd./12th%20herbarium.pdf.
Susilo, M.J. (2015), Analisis Kualitas Media Pembelajaran Insektarium dan Herbarium untuk mata Pelajaran Biologi Sekolah Menengah. J. BIOEDUKATKA. Vol. 3(1), pp 10-15
Yelianti, U., Hamidah, A., Muswita dan Sumono, T. (2016), Pembuatan Spesimen hewan dan Tumbuhan sebagai media pembelajaran di SMP Sekota Jambi. J. Pengabdian pada Masyarakat. Vol. 31 (4), pp 36-43.
Published
2020-08-01
How to Cite
WIRATMINI, Intan. PELATIHAN PENGADAAN DAN PENGAWETAN BAHAN PRAKTIKUM BIOLOGI UNTUK GURU SMP BIDANG IPA DI KECAMATAN KUBUTAMBAHAN KABUPATEN BULELENG. Buletin Udayana Mengabdi, [S.l.], v. 19, n. 3, p. 347-352, aug. 2020. ISSN 2654-9964. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jum/article/view/63376>. Date accessed: 26 apr. 2024.