Pelatihan PELATIHAN YOGA PADA KELOMPOK LANSIA KOMUNITAS SADAR SEHAT DALAM RANGKA MENURUNKAN KECEMASAN

  • Pande Ayu Naya Kasih Permatananda Universitas Warmadewa

Abstract

Yoga disebut sebagai penyatuan dari badan dan pikiran untuk menyeimbangkan dan mengharmonisasi fungsi fisik dan mental dari tubuh. Yoga dipercaya mampu untuk menjawab berbagai permasalahan kesehatan lansia, terutama kesehatan mental seperti kecemasan yang paling banyak dialami lansia. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pelatihan yoga kepada kelompok lansia di Komunitas Sadar Sehat Tabanan, yang terdiri dari dialog interaktif, pelatihan, dan pendampingan. Kegiatan pengabdian ini berlangsung dengan baik yang ditunjukkan dengan antuasiasme lansia dalam mengikuti kegiatan dan menurunnya nilai kecemasan lansia yang diukur dengan menggunakan kuisioner S-Anxiety Scale. Diharapkan kegiatan ini dapat menjadi cikal bakal berdirinya kelas yoga rutin bagi kelompok lansia di Komunitas Sadar Sehat Tabanan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Annisa, F.D. dan Ifdil. 2016. Konsep Kecemasan (Anxiety) Pada Lanjut Usia (Lansia). Konselor. 5:2, pp 93-99.
Badan Pusat Statistik. 2013. Statistik Penduduk Lanjut Usia. Jakarta: Badan Pusat Statistik.
Dwivedi, S. dan Tyagi, P. 2016. Yoga as A Health Promotion Lifestyle Tool. Indian Journal of Medical Specialities. 17:1, pp 29-34.
Khairunnisa. 2018. Pengaruh Latihan Yoga Terhadap Kecemasan Pada Lansia di Sanggar Senam Rm7 [Skripsi]. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Maryam,R.S. 2008. Mengenal Usia Lanjut dan Perawatannya. Jakarta: Salemba Medika.
Nugraha, A.R. 2016. Implementasi Komunikasi Perusahaan pada BUMD Kota Bandung (Studi Deskriptif Kuantitatif Mengenai Acara Siaran Dialog Interaktif PDAM Kota Bandung di Radio Swasta Lokal Bandung). Bandung: Universitas Padjajaran.
Pandit, I.G.S dan Permatananda, P.A.N.K. 2018. Improving Hygiene and Sanitation Behavior among Pemindang Workers in Kusamba Village Through Direct Training and Demonstration Plot. International Conference of Social Science 2018.
Permatananda, P.A.N.K, Pandit, I.G.S., Irianto, I.K. 2020. Pengembangan Produk Pindang Desa Kusamba Melalui Aplikasi Teknologi Tepat Guna dan Pengemasan Vakum. Postgraduate Community Service Journal. 1:1, pp1-9.
Permatananda, P.A.N.K, Aryastuti, A.A.S.A, Cahyawati, P.N. 2020. Gerakan Keluarga Sadar Obat pada Kelompok Dharma Wanita dengan Pendekatan Belajar Aktif. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 6:1.
Ramanathan, M., Bhavanani, A.B., Trakroo, M. 2017. Effect of a 12-Week Yoga Therapy Program on Mental Health Status in Elderly Women Inmates of A Hospice. Int. J. Yoga. 10:1, pp 24-28.
Republik Indonesia. 1998. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 1998 tentang Kesejahteraan Lanjut Usia. Jakarta: Republik Indonesia.
Utami, Y.A.P. 2019. Hubungan Tingkat Pengetahuan dengan Tingkat Kecemasan Remaja dalam Menghadapi Menarche pada Siswi Kelas V dan VI di SD Negeri 1 Ceper Klaten Tahun 2019 [Skripsi]. Yogyakarta: Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Yogyakarta.
World Health Organization. 2001. Age Standardization of Rates. Geneva: World Health Organization.
Published
2020-08-01
How to Cite
PERMATANANDA, Pande Ayu Naya Kasih. Pelatihan PELATIHAN YOGA PADA KELOMPOK LANSIA KOMUNITAS SADAR SEHAT DALAM RANGKA MENURUNKAN KECEMASAN. Buletin Udayana Mengabdi, [S.l.], v. 19, n. 3, p. 290-295, aug. 2020. ISSN 2654-9964. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jum/article/view/62697>. Date accessed: 19 apr. 2024.