PENGGUNAAN MICROSOFT EXCEL DALAM MENGOLAH DATA DAN ANGKA UNTUK GURU-GURU SEKOLAH DASAR DI DESA KINTAMANI KECAMATAN BANGLI

  • N. M. A. E. Dewi Wirastuti Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
  • I G. A. K. D. D. Hartawan Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
  • I M. A. Suyadnya Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
  • D. C. Khrisne Program Studi Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Udayana

Abstract

Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dapat dikembangkan sebagai salah satu sarana dalam proses pembelajaran dan kegiatan administrasi di sekolah. Guru dituntut untuk menguasai teknologi agar proses pembelajaran lebih inovatif sehingga tidak membosankan. Salah satu kemampuan dasar TIK yang harus dikuasai guru adalah Microsoft Excel. Secara sederhana dengan mengggunakan Microsoft Excel guru akan mampu mengolah nilai secara otomatis dan cepat. Pada pengabdian ini, kegiatan pendalaman materi dan pengembangan TIK di sekolah dasar desa Kintamani Kabupaten Bangli adalah bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru-guru dalam membantu dan mempermudah tugas-tugas yang berhubungan dan angka dan data seperti pengisian rapor siswa menggunakan aplikasi Microsoft Excel. Kegiatan dikemas dalam bentuk pelatihan dan evaluasi penggunaan aplikasi dengan memberikan soal yang diselesaikan dengan menggunakan aplikasi Excel. Dari hasil pengabdian dan evaluasi dapat dilihat bahwa peserta sangat antusias mengikuti pelatihan dan hasil evaluasi menunjukkan lebih dari 90% peserta dapat menyelesaikan soal dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-05-20
How to Cite
WIRASTUTI, N. M. A. E. Dewi et al. PENGGUNAAN MICROSOFT EXCEL DALAM MENGOLAH DATA DAN ANGKA UNTUK GURU-GURU SEKOLAH DASAR DI DESA KINTAMANI KECAMATAN BANGLI. Buletin Udayana Mengabdi, [S.l.], v. 19, n. 2, p. 241-246, may 2020. ISSN 2654-9964. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jum/article/view/61241>. Date accessed: 26 apr. 2024.