PELAYANAN KESEHATAN PADA TERNAK SAPI BALI DALAM MENDUKUNG PROGRAM SWASEMBADA DAGING SAPI DI DESA KERAMAS, KECAMATAN BLAHBATUH, KABUPATEN GIANYAR

  • I Wayan Nico Fajar Gunawan Radiology Veteriner, Udayana University

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan di desa Keramas, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar ini pada intinya bertujuan untuk menekan angka kerugian ekonomi yang disebabkan oleh masalah kesehatan sapi bali. Metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini yaitu dalam bentuk pelayanan kesehatan dari rumah ke rumah berupa pemberian vitamin, obat cacing terhadap ternak yang sehat dan melakukan pengobatan terhadap ternak yang sakit, serta diskusi dengan peternak dalam hal ini manjemen pemeliharaan ternak (khususnya sapi bali), serta masalah lainnya seperti penyakit yang umum pada sapi bali dan masalah reproduksi sapi bali. Hasil yang didapat yaitu 20 (betina). Diharapkan melalui pengabdian ini, pada ternak sapi yang sakit akan terjadi peningkatan kesehatan  sapi dan menekan angka kejadian penyakit, serta meningkatkan produksi dan kualitas daging sapi secara optimal sehingga program pemerintah yaitu swasembada daging sapi dapat terus terlaksana.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

I Wayan Nico Fajar Gunawan, Radiology Veteriner, Udayana University

Departement of Veterinary Surgery and Radiology

References

Batan, W. 2002 Sapi Bali dan Penyakitnya. Denpasar. UPT Penerbit Universitas Udayana. Bali

Dinas Peternakan Provinsi Bali . 2007. Laporan Tahunan Dinas Peternakan Provinsi Bali. Dinas Peternakan Provinsi Bali

Soulsby, E.J.L. 1982. Helmint, Anthropods and Protozoa of Domesticated Animals . 7th.Ed.Bailliere Tindal London.
Sulistyowati. A. 2002. Upaya Mendongkrak Kembali Populasi Sapi Bali. http://www.kompas.com/kompas-cetak/0606/16/ekor/2656300.htm.[5 Februari 2016].
Published
2020-05-20
How to Cite
GUNAWAN, I Wayan Nico Fajar. PELAYANAN KESEHATAN PADA TERNAK SAPI BALI DALAM MENDUKUNG PROGRAM SWASEMBADA DAGING SAPI DI DESA KERAMAS, KECAMATAN BLAHBATUH, KABUPATEN GIANYAR. Buletin Udayana Mengabdi, [S.l.], v. 19, n. 2, p. 206-209, may 2020. ISSN 2654-9964. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jum/article/view/61074>. Date accessed: 04 dec. 2020.