PELAYANAN KESEHATAN HEWAN PADA SAPI BALI DI DESA SUSUT, KECAMATAN SUSUT, KABUPATEN BANGLI.

PELAYANAN KESEHATAN HEWAN PADA SAPI BALI DI DESA SUSUT, KECAMATAN SUSUT, KABUPATEN BANGLI.

  • Luh Made Sudimantini
  • I Wayan Nico Fajar Gunawan Faculty of Veterinary Medicine, Udayana University
  • i Wayan Wirata Faculty of Veterinary Medicine, Udayana University
  • Luh Gde Sri Surya Heryani Faculty of Veterinary Medicine, Udayana University

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan informasi tentang kesehatan hewan ternak, manajemen pemeliharaan ternak serta penanggulangan penyakit pada hewan ternak sehingga dapat meningkatkan dan menekan angka kerugian ekonomi peternak sapi Bali dan dapat meningkatkan swasembada daging sapi di Desa Susut, Kecamatan Susut, Kabupaten Bangli. Kegiatan pengabdian ini dilakukan dalam bentuk pelayanan kesehatan dengan pengumpulan ternak sapi pada suatu tempat berupa pemberian vitamin, obat cacing dan spraying terhadap ternak yang sehat dan melakukan pengobatan terhadap ternak yang sakit, serta diskusi dengan peternak tentang arti penting memelihara kesehatan ternak. Sasaran kegiatan pengabdian berupa diskusi dengan peternak sapi dan pelayanan kesehatan ternak sapi bali  di Simantri 268, Gapoktan Merta Shanti Desa Susut, Kecamatan Susut, Kabupaten Bangli. Jumlah hewan sapi yang dilayani pada pelaksanaan ini sebanyak 24 ekor sapi. Pelayanan kesehatan hewan ternak berupa pemberian vitamin (24 ekor), obat cacing (20 ekor), spraying butox (24 ekor) serta pemberian  injeksi ivomec (2 ekor) bagi hewan yang mengalami gatal-gatal pada kulit.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Batan, IW. (2002). Buku Ajar Sapi Bali dan Penyakitnya. Denpasar : Universitas Udayana
DITJEN BINA PRODUKSI PETERNAKAN. (2002). Buku Statistik Peternakan Tahun 2002. Direktorat Jenderal Bina Produksi Peternakan. Departemen Pertanian. Jakarta.
Hendrawan, E dan Subandriyo. (2004). Potensi dan Keragaman Sumber Daya Genetik Sapi bali. Wartazoa.Vol 14.No.3
Ni’am, H.U.M., Purnomoadi, A. dan Dartosukarno, S. (2012). Hubungan Antara Ukuran-ukuran Tubuh Dengan Bobot Badan Sapi Bali Betina Pada Berbagai Kelompok Umur. Animal Agriculture Journal, 1(1), 541 – 556
Soulsby, EJL. (1982). Helminths, Arthropod and protozoa of domestic animals. 7th ed. William and Willems, Baltimore. The ELBS and Bailliere Tindal London.
Tim Pusat Kajian Sapi Bali. (2012). Sapi Bali Sumberdaya Genetik Asli Indonesia. Denpasar : Universitas Udayana.
Wardhana AH, Muharsisni S. 2005. Kasus Myasis yang disebabkan oleh Chrysomya bezziana di Pulau Jawa. http://www.researchgate.net/publication/281560865. Seminar Nasional Teknologi Peternakan dan Veteriner.
Published
2020-05-20
How to Cite
SUDIMANTINI, Luh Made et al. PELAYANAN KESEHATAN HEWAN PADA SAPI BALI DI DESA SUSUT, KECAMATAN SUSUT, KABUPATEN BANGLI.. Buletin Udayana Mengabdi, [S.l.], v. 19, n. 2, p. 197-200, may 2020. ISSN 2654-9964. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jum/article/view/61069>. Date accessed: 26 apr. 2024.