PENYULUHAN PENINGKATAN LITERASI INFORMASI DI GRIYA YATIM DHUAFA YOGYAKARTA

  • wita setianingsih universitas negeri yogyakarta

Abstract

Tujuan Pengabdian Masyarakat di Griya Yatim Dhuafa adalah untuk meningkatkan literasi informasi peserta pengabdian. Kegiatan pengabdian masyarakat ini diikuti oleh 30 peserta dengan latar belakang pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Kegiatan pengabdian di Griya Yatim Dhuafa Yogyakarta dalam bentuk penyuluhan dan diskusi dengan khalayak sasaran dalam rangka menumbuhkan peningkatan kompetensi peserta dalam literasi informasi yang berasal dari internet. Dari hasil tanya jawab dan diskusi tersebut dilakukan evaluasi kegiatan, apakah peserta kegiatan meningkat pemahamannya atau tidak. Selain diberikan pertanyaan secara lisan pada saat awal dan akhir kegiatan sebagai evaluasi juga diberikan tes tertulis. Kesimpulan dari pelaksanaan kegiatan pengabdian pada masyarakat dapat membina hubungan sosial kepada masyarakat, dalam hal ini masyarakat sasarannya adalah pengurus dan anak asuh, dapat menerapkan keilmuan di Perguruan Tinggi ke masyarakat melalui materi penyuluhan mengenai kemapuan literasi dalam menyikapi informasi dari internet, dapat ikut serta dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dengan memberikan tambahan wawasan, pengetahuan dan pemahaman dalam menyikapi dan mengkritisi berbagai informasi yang mudah diperoleh melalui internet khususnya informasi, kemampuan literasi informasi yang berasal dari internet peserta pengabdian masyarakat menjadi meningkat dengan adanya kegiatan pengabdian masyarakat ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Almah, H. (2019). Urgensi Literasi Informasi (Information Literacy) Dalam Era Globalisasi: Perpustakaan, Masyarakat, Dan Peradabaan. Jurnal Komunika, Vol 2(1), pp. 42-51.
Anonim.(2012).Dampak sosial penggunaan internet. Diakses dari http://www.kitaju.ga/2012/03/dampak-sosial-penggunaan-internet.html hari kamis 29 september 2016 jam 9.47
Diskominfo Jabar. (2012). Internet dan masyarakat baru. Diakses dari http://diskominfo.jabarprov.go.id/index.php/internet-dan-masyarakat-baru/ jam 9.25 hari kamis 29 september 2016
Kurnianingsih, I., Rosini, R., & Ismayati, N. (2017). Upaya Peningkatan Kemampuan Literasi Digital Bagi Tenaga Perpustakaan Sekolah dan Guru di Wilayah Jakarta Pusat Melalui Pelatihan Literasi Informasi. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat. Indonesian Journal of Community Engagement, Vol 3(1), pp. 61-76.
Murti, D. P., & Winoto, Y. (2018). Hubungan Antara Kemampuan Literasi Informasi dengan Prestasi Belajar Siswa SMAN 1 Cibinong Kabupaten Bogor. Bibliotika: Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi, Vol. 2(1), pp. 1-5.
Purwaningtyas, F. (2019). Pola Literasi Informasi dan Media sebagai Metode Penelusuran Informasi. IQRA: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi (e-Journal), Vol 12(2), pp. 1-10.
Said, I. (2016). Literasi Informasi: Perspektif Pustakawan. Jupiter. Vol. XV (1), pp. 10-15
Setiawan, V. (2017). Librarian Communication Strategy in the Implementation of Information Literacy (Case Study in University with Using and Exploiting E-resources)-Strategi Komunikasi Pustakawan Dalam Implementasi Literasi Informasi (Studi Kasus Di Perguruan Tinggi Dengan Menggunakan Dan Memanfaatkan E-resources). Jurnal Penelitian Komunikasi dan Opini Publik, Vol 21(1), pp. 15-29.
Simarmata, J. (2006). Pengenalan Teknologi Komputer dan Informasi. Yogyakarta: Andi.
Subarjo, A. H. (2017). Perkembangan Teknologi dan Pentingnya Literasi Informasi untuk Mendukung Ketahanan Nasional. Jurnal Ilmiah Bidang Teknologi “Angkasa, Vol. 11(2), pp 1-8.
Subarjo, A. H. (2020). Literasi Berita Hoaxs Di Internet Dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Mahasiswa (Studi Tentang Penggunaan Media Sosial Pada Mahasiswa STT Adisutjipto Yogyakarta). Jurnal Ketahanan Nasional, Vol 26(1), pp. 1-23.
Sutabri Tata. (2013). Komputer dan masyarakat. Penerbit Andi:Yogyakarta.
Published
2020-08-01
How to Cite
SETIANINGSIH, wita. PENYULUHAN PENINGKATAN LITERASI INFORMASI DI GRIYA YATIM DHUAFA YOGYAKARTA. Buletin Udayana Mengabdi, [S.l.], v. 19, n. 3, p. 302-307, aug. 2020. ISSN 2654-9964. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jum/article/view/61019>. Date accessed: 18 apr. 2024.