PELATIHAN BAHASA INGGRIS KOMUNIKATIF DENGAN PENDEKATAN ENGLISH FOR SPECIFIC PURPOSES BAGI STAF HUMAS RSUD MANGUSADA BADUNG

  • Ketut Santi Indriani English Department, Faculty of Arts, Udayana University

Abstract

Kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk mengidentifikasi ungkapan bahasa Inggris yang digunakan oleh staf humas RSUD Mangusada Badung dalam melayani pasien wisatawan asing serta untuk menganalisis dampak pendekatan English for Specific Purposes (ESP) dalam mengajar Bahasa Inggris untuk staf humas RSUD Mangusada Badung. RSUD Mangusada Badung adalah rumah sakit umum yang berlokasi di Kabupaten Badung. Staf RSUD Mangusada, terutama staf humas diharapkan dapat berkomunikasi dalam bahasa Inggris untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pasien wisatawan asing. Pelatihan bahasa Inggris diberikan pada enam belas staf humas RSUD Mangusada Badung dengan menerapkan pendekatan ESP. Dari pelatihan tersebut, ditemukan bahwa beberapa ekspresi yang biasanya digunakan oleh staf humas adalah ekspresi dalam percakapan telepon dan ekspresi dalam menangani keluhan. Ditemukan juga bahwa pendekatan ESP dapat meningkatkan kemampuan staf humas RSUD Mangusada Badung dalam menggunakan ungkapan-ungkapan tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Block, D. dan Cameron, D. 2002. Globalization and Language Teaching. The Great Britain: Routledge.
https://bali.bps.go.id/dynamictable/2017/06/05/174/jumlah-hotel-bintang-di-bali-menurut-kabupaten-kota-dan-kelas-2000AA.
Hutchinson, T. dan Waters, A. 1991. English for Specific Purposes: A Learning-Centered Approach. Australia: Cambridge University Press
Published
2020-05-20
How to Cite
INDRIANI, Ketut Santi. PELATIHAN BAHASA INGGRIS KOMUNIKATIF DENGAN PENDEKATAN ENGLISH FOR SPECIFIC PURPOSES BAGI STAF HUMAS RSUD MANGUSADA BADUNG. Buletin Udayana Mengabdi, [S.l.], v. 19, n. 2, p. 192-196, may 2020. ISSN 2654-9964. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jum/article/view/60344>. Date accessed: 04 dec. 2020.