PENGABDIAN MESIN PENIRIS MINYAK ABON

  • I Gusti Agung Kade Suriadi Mechanical Engineering, Udayana University

Abstract

Pada umumnya abon dibuat dari suwiran daging sapi atau daging ayam, namun saat ini telah berkembang aneka olahan abon yang lebih variatif dari aneka bahan seperti ikan, belut, udang, lele, telur dan masih banyak jenis abon lainnya. Peluang membuat usaha abon telur dilirik oleh salah satu kelompok usaha di desa Baluk, kecamatan Negara, kabupaten Jembrana. Kelompok Wanita Tani (KWT) Pitik Jaya di Banjar Rening, desa Baluk mempunyai peluang besar mengembangkan usaha pembuatan abon telur, karena didukung oleh bahan baku telur itik dan telur ayam yang dihasilkan sendiri oleh kelompok usaha tersebut. Usaha pembuatan abon telur sudah dimulai pada tahun 2014. KWT Pitik Jaya mempunyai permasalahan yang berkaitan dengan effisiensi dan produktifitas dimana permasalahan ini disebabkan oleh alat/sistem penirisan minyak abon masih konvensional dengan menaruh abon diatas niru. Upaya untuk mengatasi permasalahan yang ada, maka tujuan dan luaran dari kegiatan adalah merancang dan manufaktur mesin peniris minyak abon yang dapat menghasilkan produk abon telur lebih banyak dan lebih baik dibanding dengan penggunaan alat/cara konvensional. Mesin juga dapat dioperasikan untuk penirisan minyak produk yang lain. Tim berhasil merancang mesin peniris minyak abon multi fungsi dengan kapasitas 400 butir telur per hari. Jadi pemanfaatan mesin ini meningkatkan produktifitas mencapai 500% dan juga meningkatkan kualitas abon telur produksi KWT Pitik Jaya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Atmika, I.K.A., Komaladewi, A.A.I.A.S., & Nindhia, T.G.T. (2015). MENINGKATKAN PRODUKSI KACANG ASIN DENGAN MESIN SANGRAI SEMI OTOMATIS. Buletin Udayana Mengabdi, 14(1).
Atmika, I.K.A., Suriadi, I.G.A.K., Budiana, I.M.D., & Karohika, I.M.G. (2016). PENINGKATAN PRODUKSI DAN DIVERSIFIKASI PRODUK DENGAN MESIN TEKNOLOGI TEPAT GUNA. Buletin Udayana Mengabdi, 18(2).
Gunadi, I. G. N. B., & Putra, I. G. C. (2016). Peningkatan Kualitas Dan Kapasitas Produksi Usaha Kecil Olahan Jamur Tiram Di Kelurahan Sumerta Kelod Denpasar. Jurnal Bakti Saraswati (JBS), 5(1).
Mott, R. L. (2009). Elemen-elemen mesin dalam perancangan mekanis. Penerbit ANDI, Yogyakarta.
Muntasir, S. P., & Syahdan, M. (2018). Penerapan Alat Peniris Serbaguna Model Silinder Sistem Sentrifuse Untuk Meningkatkan Mutu Dan Higienis Produk Kerupuk Jagung Kelimutu Sikumana Kota Kupang. Jati Emas (Jurnal Aplikasi Teknik Dan Pengabdian Masyarakat) Vol, 2, 821–2550.
Rusiani, H., & Pujianto, A. (2017). GAMBARAN JENIS DAN FREKUENSI KONSUMSI MAKANAN PADA LANSIA PENDERITA HIPERTENSI. Faculty of Medicine.
Published
2020-05-20
How to Cite
SURIADI, I Gusti Agung Kade. PENGABDIAN MESIN PENIRIS MINYAK ABON. Buletin Udayana Mengabdi, [S.l.], v. 19, n. 2, p. 187-191, may 2020. ISSN 2654-9964. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jum/article/view/60105>. Date accessed: 28 nov. 2020.