KAJIAN SWOT PROSPEK DAN STRATEGI PENGEMBANGAN UNIT USAHA PRODUK INOVASI KAMPUS INFORMASI GEOSPASIAL DI UNIVERSITAS UDAYANA
Abstract
Pengembangan jiwa entrepreneurship di kalangan sivitas akademika saat ini menjadi penting untuk memacu kemampuan berwirausaha memanfaatkan hasil inovasi intelektual kampus. Penelitian bertujuan untuk mengidentifikasi factor internal dan eksternal sebagai acuan pemilihan strategi untuk mengembangkan unit usaha inivasi intelektual kampus PPUPIK-Informasi Geospasial di Universitas Udayana. Analisis yang dilakukan menggunakan analisis SWOT dan matrik EFI dan EFE. Kedua analisis akan focus untuk menetapkan strategi pengembangan unit usaha PPUPIK-Informasi Geospasial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa unit usaha PPUPIK-Informasi Geospasial Universitas Udayana berada pada posisi sel 4, yang diperoleh dari nilai EFI sebesar 3,01 yang menunjukkan posisi unit usaha kuat, sedangkan nilai EFE 2,44 yang berarti posisi eksternalnya sedang. Dengan demikian strategi yang harus diterapkan adalah strategi stability dan berhati-hati terhadap faktor internal maupun eksternal.
Kata kunci : analisis SWOT unit usaha inovasi intelektual kampus, informasi geospasial, pengembangan, strategi, prospek
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.