PENINGKATAN KOMPETENSI PETERNAK TERHADAP PENANGANAN KESEHATAN TERNAK DAN PEMBUATAN PAKAN FERMENTASI TERNAK DI DESA KETINDAN, KABUPATEN MALANG

  • intan galuh bintari Politenik Pembangunan Pertanian Malang

Abstract

Keberhasilan pembangunan peternakan akan sangat ditentukan oleh sumberdaya manusia peternak sebagai pelaku utama dari kegiatan peternakan itu sendiri. Program Pengabdian Kepada Masyarakat dimaksudkan untuk membantu menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh masyarakat yang bersifat komperehensif, multi sektoral, yang mampu menuntun masyarakat Desa kearah kehidupan yang lebih sejahtera, mewujudkan masyarakat yang dinamis, membantu dan meningkatkan kondisi sosial ekonomi warga dan mempermudah akses warga terhadap informasi dan ilmu pengetahuan. Tujuan penyelenggaraan kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah membantu memecahkan permasalahan yang sedang dihadapi oleh Kelompok Tani dalam hal ini adalah peternak kambing dalam mengelola unit usahanya. Pelaksanaan pengabdian masyarakat terdiri dari 3 kegiatan yaitu koordinasi dan perencanaan kegiatan, pelatihan dan evaluasi hasil pelatihan. Kegiatan Pengabdian Masyarakat dilaksanakan pada bulan Desember 2019 di desa Ketindan. Peserta dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah petani kambing yang tergabung dalam Kelompok Tani Sumber Rejeki Sebanyak 25 Orang. Hasil dari pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diharapkan masyarakat dapat menerapan ilmu yang telah diberikan yaitu mengenai penanganan kesehatan ternak dan pembuatan pakan fermentasi (silase) yang dapat digunakan untuk pemenuhan kebutuhan pakan ternak di Desa Ketindan Kabupaten Malang.


 


Kata kunci : Peternak Desa Ketindan, peningkatan kompetensi, kesehatan ternak, pakan ternak, silase.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Balitbangtan, Balai Penelitian dan Pengembangan Pertanian. (2003). Karakteristik organ oleptissilase Rumput Gajah (Pennise tumpur pureum) akibat penambahan kultur mikroba campuran. Jawa Tengah.
Peraturan Menteri Pertanian Republik Indonesia No. 19 Tahun 2015. Tentang Rencana Strategis Kementerian Pertanian Tahun 2015-2019.
Sudibya. (2013). Pelatihan Pembuatan Pakan Ternak dengan Teknologi Silase dan Amoniasi Tebon Jgung untuk Mengatasi Kelangkaan Pakan Ternak di Kelompok Ternak Ngudi Hasil Desa Jendi Kecamatan Selogiri Kabupaten Wonogiri. Journal of Rural and Development, 4 (1). 33-41.
Sudibya., T. Widyastuti., E. Susanti., dan Sukardi. (2004). Peningkatan Kualitas Limbah ulit Singkong dan Kulit Pisang Melalui Teknik Fermentasi untu Pakan Kambing di Kecamatan Somagede. Journal of Rural and Development.
Yuliati, Y.B., Solihudin., S. D. Rachman., Syafrilsmayadi., Rustaman., Darwatidan., dan A. R . Noviyanti. (2018). Pembuatan Silase dari Rumput Gajah untuk Pakan Ternak di Desa Pasawahan Kecamatan Tarogong Kles Kabupaten Garut. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2 (7).
Yunasaf, U., & D. S. Taspirin. (2012). Peran Penyuluh dalam Proses Pembelajaan Peternak Sapi Perah di KSU Tandangsari Sumedang. Jurnal Ilmu Ternak, 12(1).
Published
2020-08-01
How to Cite
BINTARI, intan galuh. PENINGKATAN KOMPETENSI PETERNAK TERHADAP PENANGANAN KESEHATAN TERNAK DAN PEMBUATAN PAKAN FERMENTASI TERNAK DI DESA KETINDAN, KABUPATEN MALANG. Buletin Udayana Mengabdi, [S.l.], v. 19, n. 3, p. 296-301, aug. 2020. ISSN 2654-9964. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jum/article/view/58066>. Date accessed: 27 apr. 2024.