PEMBERDAYAAN KELOMPOK DASA WISMA AGROPERTIWI DALAM PENGEMBANGAN PERTANIAN PERKOTAAN DI DUSUN PERMATA ANYAR DESA UBUNG KAJA KECAMATAN DENPASAR UTARA KOTA DENPASAR

  • Indayati Lanya
  • Ni Made Trigunasih
  • AI Nyoman Sunarta
  • I Dewa made Arthagama

Abstract

Program pelatihan ini bertujuan untuk menambah pengetahuan dan keterampilan anggota kelompok Dasa Wisma Agropertiwi tentang teknik budidaya buah maupun sayuran dalam pot. Materi pelatihan meliputi penyuluhan tentang budidaya buah-buahan dan sayuran dalam pot, dilanjutkan dengan demontrasi cara pembuatan/pencampuran media tanam, cara penanaman dan perawatan tanaman. Pengabdian kepada masyarakat dilakukan pada tanggal 13 Juli 2019 yang bertempat di Balai Banjar Dusun Permata Anyar Desa Ubung Kaja Kecamatan Denpasar Utara Kota Denpasar. Penyuluh berjumlah 4 (empat orang) dari Prodi Agroekoteknologi Fakultas Pertanian Universitas Udayana. Sasaran strategis tersebut adalah  kelompok Dasa Wisma Agro Pertiwi dan pemuka masyarakat yang berjumlah 40    orang.  Setelah diadakan penyuluhan dan demontrasi Anggota kelompok  telah meningkat pengetahuan dan keteramppilannya dalam teknik budidaya buah dan sayur dalam pot. Secara umum para peserta pelatihan sangat antusias dan menunjukkan respon yang positif terhadap kegiatan ini. Hal ini terlihat dari kesungguhan dan ketekunan peserta dalam mengikuti pelatihan. Beberapa pertanyaan yang muncul antara lain: kenapa tanamannya sering mati, kenapa tanaman buahnya tumbuh kurus dan tidak mau berbuah padahal seharusnya sudah berbuah. Pada saat penutupan pelatihan, Kepala Dusun Permata Anyar memohon agar pada kesempatan yang akan datang dapat diberikan pelatihan-pelatihan yang srupa seperti pelatihan pembuatan pupuk organik dari sampah organik/limbah dapur untuk menunjang pengembangan pertanian perkotaan. Dengan pelatihan tersebut para anggota kelompok akan membiasakan diri untuk memisah sampah organik dan anorganik mulai dari masing-masing rumah tangga.


 


Kata kunci:  Pertanian perkotaan, tanaman dalam pot, kelompok  dasawisma

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-11-20
How to Cite
LANYA, Indayati et al. PEMBERDAYAAN KELOMPOK DASA WISMA AGROPERTIWI DALAM PENGEMBANGAN PERTANIAN PERKOTAAN DI DUSUN PERMATA ANYAR DESA UBUNG KAJA KECAMATAN DENPASAR UTARA KOTA DENPASAR. Buletin Udayana Mengabdi, [S.l.], v. 18, n. 4, nov. 2019. ISSN 2654-9964. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jum/article/view/55352>. Date accessed: 23 oct. 2021. doi: https://doi.org/10.24843/BUM.2019.v18.i04.p10.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>