PENYULUHAN DETEKSI DINI KANKER SERVIKS DAN KANKER PAYUDARA PADA KOMUNITAS PEDAGANG CANANG DI PASAR KRENENG DENPASAR UTARA

  • M Dharmesti Wijaya
  • AAG Indraningrat
  • DAP Sri Masyeni
  • Agus Santosa

Abstract

Kanker payudara dan kanker serviks merupakan jenis kanker dengan prevalensi dan angka kematian tertinggi pada wanita. Namun, deteksi dini ternyata dapat menurunkan angka kematian akibat kanker payudara secara signifikan dan skrining yang efektif serta pengobatan lesi pra-kanker dapat menurunkan angka kejadian kanker serviks. Oleh karena itu, pemberdayaan kelompok-kelompok masyarakat dalam meningkatkan kesadaran akan pentingnya pengetahuan mengenai deteksi dini gejala dan tanda, serta langkah pencegahan kanker payudara dan kanker serviks sangat dibutuhkan. Anggota kelompok masyarakat yang diberdayakan diharapkan dapat menjadi kader yang dapat membantu program pemerintah dalam memberikan edukasi mengenai deteksi dini kanker payudara dan kanker serviks kepada anggota kelompoknya, kelompok masyarakat lain, serta keluarga kader. PKMS ini memberikan pelatihan kepada kelompok penjual canang di Pasar Kreneng Denpasar mengenai penyakit kanker payudara dan kanker serviks beserta metode deteksi dini kanker tersebut.


 


Kata kunci: kanker payudara, kanker serviks, deteksi dini, pemberdayaan masyarakat

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-11-20
How to Cite
DHARMESTI WIJAYA, M et al. PENYULUHAN DETEKSI DINI KANKER SERVIKS DAN KANKER PAYUDARA PADA KOMUNITAS PEDAGANG CANANG DI PASAR KRENENG DENPASAR UTARA. Buletin Udayana Mengabdi, [S.l.], v. 18, n. 4, nov. 2019. ISSN 2654-9964. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jum/article/view/55348>. Date accessed: 20 oct. 2021. doi: https://doi.org/10.24843/BUM.2019.v18.i04.p08.