Pelayanan Fisioterapi Pemeriksaan Bentuk Arkus Pedis (Normal Foot, Flat Foot, dan Cavus Foot) dan Pemeriksaan Pola Berjalan (Stride Length, Step Length, Cadence, dan Speed) pada Anak di SDN 8 Dauh Puri Denpasar

  • Ni Komang Ayu Juni Antar
  • Made Hendra Satria Nugraha
  • Anak Ayu Nyoman Trisna Narta Dewi

Abstract

Masa anak-anak merupakan masa yang sangat penting untuk memperhatikan pertumbuhan dan perkembangan. Hal tersebut dapat meminimalisir adanya kelainan pertumbuhan dan perkembangan yang bersifat permanen. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk melakukan pemeriksaan bentuk arkus pedis dan pola berjalan pada anak. Pengabdian dilakukan pada siswa-siswi Sekolah Dasar Negeri 8 Dauh Puri. Pengklasifikasian tipe arkus dalam penelitian ini menggunakan Clarke’s Angle, sehingga didapatkan jumlah masing-masing kelompok yaitu normal foot berjumlah 40 orang, flat foot berjumlah 40 orang, dan cavus foot berjumlah 33 orang. Berdasarkan hasil pemeriksaan dapat disimpulkan bahwa tipe normal foot memiliki nilai cadence (jumlah langkah), stride length, step length, dan speed yang lebih besar dari pada flat foot dan cavus foot.


Kata kunci: arkus pedis, stride length, step length, cadence, speed

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-08-20
How to Cite
AYU JUNI ANTAR, Ni Komang; SATRIA NUGRAHA, Made Hendra; TRISNA NARTA DEWI, Anak Ayu Nyoman. Pelayanan Fisioterapi Pemeriksaan Bentuk Arkus Pedis (Normal Foot, Flat Foot, dan Cavus Foot) dan Pemeriksaan Pola Berjalan (Stride Length, Step Length, Cadence, dan Speed) pada Anak di SDN 8 Dauh Puri Denpasar. Buletin Udayana Mengabdi, [S.l.], v. 18, n. 3, aug. 2019. ISSN 2654-9964. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jum/article/view/52307>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/BUM.2019.v18.i03.p15.