Program Penyuluhan Teknologi Fermentasi Dedak Padi dengan Mengunakan Probiotik di Desa Ayunan Kecamatan Abiasemal Badung

  • I.K.H. Valentino
  • I.D.N.A. Purnata
  • H. Daniel
  • L. Jasa

Abstract

Desa Ayunan merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Abiansemal-Badung. Desa Ayunan memiliki potensi yang sangat besar di bidang pertanian, sehinggga memiliki potensi yang besar pula dalam mengahasilkan limbah pakan, khususnya dedak padi. Tetapi dedak padi kurang banyak dimanfaatkan sebagai bahan pakan ternak karena teksturnya yang kasar, baunya apek dan tidak disukai oleh ternak, sehingga peternak di Desa Ayunan beralih ke bahan pakan lain dengan cara membeli. Dari permasalahan tersebut, teknologi dalam pengolahan pakan sangat dibutuhkan, salah satunya adalah teknologi fermentasi dedak padi. Adapun tujuan dari penyuluhan ini adalah merubah kebiasaan peternak agar mampu memanfaatkan dedak padi yang lebih memiliki kualitas yang baik dengan nilai gizi yang tinggi sebagai bahan pakan ternak. Pelaksanaan kegiatan dilaksanakan 3 hari di 3 Banjar di Desa Ayunan dengan tingkat keberhasilan 85 %. Sedangkan bagi paternak yang belum memahami ilmu yang di sampaikan, maka penyuluhan ulang dilakukan.


 


Kata kunci : Dedak Padi dan Fermentasi

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-08-20
How to Cite
VALENTINO, I.K.H. et al. Program Penyuluhan Teknologi Fermentasi Dedak Padi dengan Mengunakan Probiotik di Desa Ayunan Kecamatan Abiasemal Badung. Buletin Udayana Mengabdi, [S.l.], v. 18, n. 3, aug. 2019. ISSN 2654-9964. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jum/article/view/52295>. Date accessed: 23 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/BUM.2019.v18.i03.p05.